TIPS MENULIS RESUME YANG MENARIK

LIMA LANGKAH MENGATASI HIRING BIAS
Oktober 12, 2021
REMOTE TEAM BUILDING
Oktober 26, 2021

Closeup portrait of unrecognizable successful businessman wearing black formal suit analyzing documents and finance statistics at desk, thinking

Berdasarkan penelitian Zety newsletter (2021)63% perusahaan ingin menerima resume yang sesuai dengan posisi yang dicari. Resume adalah ringkasan yang spesifik mengenai pengalaman kerja, keterampilan, pendidikan, dan pencapaian individu. Karena tujuannya untuk melamar pekerjaan, resume biasanya lebih menonjolkan pada pengalaman yang terkait dengan posisi yang dilamar. Perusahaan membutuhkan resume untuk mempermudah proses evaluasi kompetensi dan bakat kandidat. 

Resume yang baik harus bisa mengalahkan Applicant Tracking System (ATS), yaitu aplikasi yang dapat membaca resume dan mengurutkan sesuai dengan spesifikasi kerja yang dibutuhkan perusahaan. Kuncinya adalah menyesuaikan kata kunci posisi yang dilamar dengan resume yang sedang disiapkan. Misalnya, seseorang melamar menjadi programmer, maka dalam resume harus ada kata kunci yang berhubungan dengan program, seperti Ruby on Rails, HTML, CSS, dan JavaScript. Berdasarkan penelitian Jobscan (2018) 98,2% atau 491 dari 500 perusahaan terbesar di US menggunakan aplikasi ATS untuk menyaring resume kandidat.

Sifat resume yang fleksibel dapat dimanfaatkan untuk fokus pada lowongan kerja yang dilamar. Untuk lowongan pekerjaan lainnya, siapkan resume yang berbeda. Pastikan resume tidak lebih dari 2 halaman dengan mengeliminasi informasi yang tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Berikut ini adalah cara menulis resume yang baik dan menarik.

  • Pilih format resume yang tepat
    • Sebelum mulai membuat resume, tentukan format yang digunakan. Ada 3 format dasar dalam pembuatan resume, yaitu format kronologis terbalik, format kombinasi, dan format fungsional. 
Format Pengertian
Kronologis terbalik Format resume ini tergolong tradisional dan sering digunakan. Format ini mencantumkan seluruh tugas, pengalaman, dan riwayat pekerjaan kandidat dalam urutan kronologis terbalik, yaitu posisi terakhir yang dicantumkan terlebih dahulu. 
Kombinasi Resume kombinasi menekankan pada posisi, keahlian, atau pencapaian profesional yang terkait dengan posisi yang dilamar. Selanjutnya, bagian kronologis riwayat pekerjaan dituliskan setelahnya. 
Fungsional  Resume fungsional berfokus pada keahlian dan pengalaman kandidat, bukan pada riwayat pekerjaan secara kronologis. Resume fungsional tidak memiliki bagian “riwayat pekerjaan”.

Resume ini cocok digunakan untuk pekerjaan spesialis atau profesional dengan pengalaman kerja yang tinggi.

  •  Tambahkan informasi kontak dan detail pribadi
    • Informasi kontak dan detail pribadi wajib dicantumkan dalam resume. Ini akan memudahkan manajer rekrutmen menghubungi kandidat. Cantumkan nama, nomor telepon, alamat e-mail profesional, dan URL Linkedln. 
  • Cantumkan pendidikan setelah riwayat pekerjaan.
    • Fokus dalam pembuatan resume adalah pengalaman kerja dan keahlian. Karena kurang signifikan, cantumkan riwayat pendidikan di bagian akhir resume. Saat mencantumkan pendidikan perhatikan detail berikut:
      • Gunakan kronologis terbalik dengan mencantumkan gelar tertinggi di awal.
      • Jika memiliki gelar yang tidak relevan dengan pekerjaan, bisa dihilangkan dari resume (misalkan gelar S1 saat Anda sudah mendapatkan gelar doktoral atau gelar profesi).
      • Tambahkan kursus dan penghargaan yang relevan.

Resume yang menarik dan relevan akan memberi peluang lebih besar untuk mendapat perhatian para pimpinan perusahaan. Pastikan resume kerja ditulis berurutan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang berbeda, Anda dapat membuat resume yang berbeda pula. Setelah memiliki resume kerja yang matang, selanjutnya persiapkan diri untuk memasuki tahap-tahap selanjutnya. 

Baca Selanjutnya: Jenis Psikotes dan Persiapannya

Referensi:

https://www.jobscan.co/blog/fortune-500-use-applicant-tracking-systems/

https://zety.com/blog/resume-statistics

https://rencanamu.id/post/panduan-persiapan-karier/panduan-persiapan-karier/panduan-lengkap-membuat-curriculum-vitae-cv-untuk-segala-kebutuhan

https://zety.com/blog/how-to-make-a-resume

https://www.jobstreet.co.id/career-resources/cv-vs-resume/

https://resumegenius.com/blog/resume-help/what-is-a-resume