External Employer Branding: Menarik Kandidat Potensial

Multiracial group of Asia young creative people in smart casual wear discussing business clapping, laughing and smiling together in brainstorm meeting at office. Coworker teamwork successful concept.

Akhir-akhir ini, employer branding menjadi salah satu aktivitas wajib bagi perusahaan yang hendak menarik talenta potensial di workforce market maupun dalam mempertahankan talenta terbaiknya yang ada saat ini. Konsep employer branding semakin mendapatkan perhatian setelah peristiwa pandemi COVID-19, talent war, hingga the great resignation terjadi dan membuat banyak perusahaan kehilangan talentanya. Kesadaran untuk memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pun semakin meningkat.

Untuk menarik kandidat yang diinginkan, perusahaan perlu melaksanakan external employer branding, yaitu usaha membangun employer brand yang positif di mata target kandidat. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan employer brand attribute yang relevan. Employer brand attribute didefinisikan sebagai ekspresi yang dijanjikan dan diharapkan dari sebuah perusahaan (Bonaiuto, et. al., 2013). Terlepas dari segala macam atribut yang ditawarkan, dalam mengelola employer branding perusahaan perlu fokus pada tiga komponen utama, yaitu (Adams, 2022):

  1. Reputasi

Di era media sosial, segala informasi tentang suatu perusahaan sangat mudah ditemukan. Serangkaian informasi tersebut secara tidak langsung dapat memengaruhi reputasi suatu perusahaan di mata kandidat. Oleh karena itu, reputasi menjadi salah satu alasan kandidat di era modern untuk mempertimbangkan perusahaan yang hendak dilamar. Dalam konteks mengakuisisi dan mempertahankan talenta, reputasi dapat dievaluasi dalam 3C:

      • Career Catalyst

Sejauh dan sejelas apa perusahaan menawarkan kesempatan berkarier bagi karyawan. Pada umumnya, top talent akan lebih memilih perusahaan yang menawarkan jenjang karier yang transparan.

      • Culture (Budaya)

Bagaimana lingkungan kerja dan interaksi antar karyawan benar-benar mencerminkan budaya perusahaan.

      • Citizenship

Sejauh mana perusahaan mampu memberikan dampak positif bagi komunitas atau lingkungan yang lebih besar.

2. Employee Value Proposition (EVP)

EVP merupakan serangkaian penawaran dan pengalaman yang diberikan organisasi kepada karyawan atau kandidat sebagai timbal balik atas keterampilan, kemampuan, dan pengalaman yang diberikan karyawan atau kandidat untuk organisasi. EVP akan menjadi janji yang dipegang kandidat ketika memutuskan bergabung dalam suatu perusahaan. Janji ini meliputi kompensasi, tunjangan, fasilitas, kesempatan berkembang, atau apapun yang ingin didapatkan kandidat. Jika employer brand selaras dengan EVP, maka perusahaan akan lebih mudah menghadirkan realita yang diharapkan calon karyawan.

3. Employee Experience (EX)

EX mewakili realita yang dialami oleh kandidat maupun karyawan yang berada di perusahaan. Semakin positif EX, semakin positif dan kuat employer brand sebuah perusahaan. Hal ini terjadi karena terdapat keselarasan antara kenyataan dan persepsi yang berusaha dibangun. Lebih lanjut, kandidat maupun karyawan dengan EX positif juga akan menjadi brand ambassador yang secara aktif menceritakan hal-hal positif yang ada di perusahaannya.

Perusahaan melaksanakan external employer branding dengan tujuan mendapatkan kandidat yang ideal. Untuk meningkatkan employer brand attractiveness, perusahaan perlu memastikan bahwa ketiga komponen di atas sudah selaras. Reputasi yang baik menunjukkan bahwa target kandidat memiliki persepsi yang positif terhadap perusahaan. Hal ini juga perlu didukung dengan EVP yang dikomunikasikan dengan jelas serta realita EX yang mendukung persepsi tersebut.

Referensi:

Adams, B. (2022). Make Your Employer Brand Stand Out in the Talent Marketplace. From Harvard Business Review: https://hbr.org/2022/02/make-your-employer-brand-stand-out-in-the-talent-marketplace

Banta, K. & Watras, M. (2019). Why We Need to Rethink “Employer Brand”. From Harvard Business Review: https://hbr.org/2019/06/why-we-need-to-rethink-employer-brand

Bonaiuto, M., De Dominicis, S., Illia, L., Canovas, R., & Lizzani, G. (2013). Managing Employer Brand Attributes to Attract Potential Future Leaders. Journal of Brand Management, 20(9), 779-792. doi:10.1057/bm.2013.18

Engine Group. (2015). Attracting Top Talent with a Strong Employer Brand. From Youtube: https://youtu.be/A0a8HFz7OEU