VRIO FRAMEWORK

BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) MATRIX
August 17, 2020
Strategi 5Ps Mintzberg
August 24, 2020

Setiap organisasi pada umumnya selalu berusaha menciptakan keunggulan kompetitif yang mendorong mereka ke depan pesaing. Ketika menciptakan keunggulan kompetitif, adanya pasar yang jenuh dan kemajuan teknologi menunjukkan bahwa pesaing juga mampu meniru keunggulan kompetitif Anda. Menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan merupakan tujuan yang harus dicapai perusahaan.

 

Salah satu caranya adalah menerapkan VRIO Framework, yaitu alat untuk membantu organisasi mengungkap dan melindungi sumber daya dan kapabilitasnya yang memberi perusahaan keunggulan kompetitif jangka panjang. VRIO adalah singkatan dari Value, Rare, Inimitable, dan Organized. Berikut adalah penjelasannya:

  • Value: apakah Anda menawarkan sumber daya yang menambah value untuk konsumen? Apakah Anda mampu memanfaatkan kompetisi dengan kemampuan internal?
  • Rare: apakah Anda mengatur sumber daya atau kemampuan yang jarang dimiliki? Apakah Anda memiliki sesuatu yang sulit di industri/pasar?
  • Inimitable: Mahalkah menduplikasi sumber daya atau kemampuan organisasi Anda? Apakah susah untuk mendapatkan substitusi yang sepadan untuk bersaing dengan apa yang Anda tawarkan?
  • Organization: sudahkah organisasi Anda menyusun sistem, proses, struktur dan budaya manajemen pada sumber daya dan kapabilitas organisasi?

Konsep VRIO Framework secara keseluruhan dapat diterapkan pada perusahaan atau departemen untuk sudut pandang yang ringkas dan bagaimana setiap aspek bisnis Anda bisa memosisikan dengan sendirinya di pangsa pasar. Sangatlah penting untuk mengulas konsep yang diterapkan secara periodik supaya memaksimalkan daya saing Anda pada suatu industri.

Lalu, bagaimanakah cara menerapkan konsep ini? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mencari tahu sumber daya Anda

    Lakukanlah analisis internal untuk mengerti kondisi bisnis Anda saat ini. Analisis internal ini berupa mengidentifikasi sumber daya yang berharga, langka, dan tak tergantikan. Ada dua tipe sumber daya pada umumnya, yaitu fisik (seperti tanah, bangunan, dan mesin) dan non-fisik (seperti intellectual property, hak paten, dan budaya organisasi).

  1. Memeriksa seberapa terorganisir perusahaan Anda

    Coba ajukan beberapa pertanyaan di bawah:

    • Apakah struktur dalam organisasi tersusun agar memaksimalkan penggunaan sumber daya?
    • Apakah manajemen proses dalam organisasi efektif?
    • Adakah sistem hadiah dan penghargaan yang efektif untuk karyawan?
    • Adakah ide yang inovatif dari karyawan?
    • Adakah manajemen dan sistem pengatur kualitas yang sesuai dalam perusahaan?
  1. Menyimpan sumber daya utama untuk diri Anda sendiri

    Temukanlah sesuatu dari sumber daya Anda yang memberikan keunggulan kompetitif secara menerus. Jika ada, maka itulah sumber daya yang harus dilindungi agar tidak diketahui oleh pesaing.

  1. Memastikan sumber daya pada VRIO mencakup informasi terkini

    Perlu diketahui bahwa value setiap sumber daya di dunia berubah seiring berjalannya waktu, terutama pada lingkungan dinamis dengan perubahan konstan pada teknologi dan pasar secara umum – seperti saat ini. Oleh karena itu, daftar sumber daya pada VRIO harus terus diperbaharui.

 

Referensi:
Luenendonk, M. (2019, September 25). VRIO Framework Guide on Creating Sustainable Competitive Advantages. Retrieved from https://www.cleverism.com/vrio-framework-guide-on-creating-sustainable-competitive-advantages/