KISAH TIADA BERUJUNG: MEMELIHARA EMPLOYEE EXPERIENCE

EVOLUSI PERUSAHAAN DALAM MEMPERLAKUKAN KARYAWAN
May 13, 2020
MENCIPTAKAN PUSAT EMPLOYEE EXPERIENCE
May 13, 2020

Mengubah dan meningkatkan employee experience tidaklah mudah. Employee experience itu seakan sebuah sasaran yang selalu berubah-ubah. Dalam konsepsi Jacob Morgan, interaksi employee experience digambarkan lewat employee experience design loop yang bentuknya infinity loop, yaitu interaksi bolak-balik yang tidak berujung antara perusahaan dan karyawan. Di saat yang sama, sebuah perusahaan dapat memiliki beberapa employee experience design loop. Setiap bagian dari konsep ini perlu dipahami dan diaplikasikan untuk mengelola employee experience.

Respond

Employee experience design loop memang tidak berujung, namun memudahkan dengan memulai dari respond. Perusahaan perlu memiliki cara menerima masukan secara real-time. Praktik menerima feedback dapat berupa internal social network, survei, focus group, atau mekanisme lainnya. Apapun bentuknya, yang penting feedback terjadi secara terus-menerus dengan beberapa feedback points. Budaya transparansi dibentuk dan manajer merasa nyaman menerima dan meminta feedback.

 

Analyze

Analyze adalah upaya menggali wawasan dan pengertian feedback untuk menentukan langkah design yang selanjutnya. Tantangannya adalah bagaimana memahami data yang sudah dikumpulkan. Pemanfaatan people analytics akan sangat berguna dalam pengerjaan langkah ini karena analyze mesti dilakukan secepatnya agar tindakan yang diambil tepat waktu.

 

Design

Menentukan apa yang akan perusahaan lakukan berdasarkan hasil analyze. Tim lintas fungsi memampukan proses design yang menghasilkan solusi yang lebih baik. Solusi yang dihasilkan perlu dianggap sebagai solusi sementara yang dengan segera menjawab permasalahan. Solusi ini nantinya diubah dan disempurnakan sesuai feedback selanjutnya. Kecepatan lebih berharga dibanding solusi sempurna yang kehilangan momentum.

 

Launch

Meluncurkan dan mengimplementasikan solusi. Cara meluncurkan inisiatif dapat berupa pilot programs, mass announcements, atau campaign. Hal yang perlu diperhatikan adalah jalur menyampaikan solusi ke karyawan dan ambassadors dalam penyebaran informasi launching.

 

Participate

Setelah diluncurkan, solusi akan menjadi realitas baru dan cara bekerja yang berbeda di tempat kerja. Perusahaan perlu memantau apa solusi sudah mencapai karyawan dan memberikan pelatihan atau sosialisasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.

 

Referensi:

Morgan, J. (2017). The employee experience advantage: How to win the war for talent by giving employees the workspaces they want, the tools they need, and a culture they can celebrate. New Jersey: John Wiley & Sons.