JIWA ENTREPRENEURSHIP

TANTANGAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA PERUSAHAAN
May 12, 2020
REVOLUSI INDUSTRI 4.0: ANCAMAN ATAU PELUANG?
May 12, 2020

Secara sederhana, entrepreneurship memiliki pengertian yaitu aktivitas yang secara konsisten dilakukan untuk mengubah ide-ide menjadi kegiatan bisnis yang menguntungkan. Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook) dan Bill Gates (Pendiri Microsoft Corp.) adalah dua contoh entrepreneur sukses di dunia, sedangkan di Indonesia sendiri memiliki orang seperti Chairul Tanjung (Pendiri CT Corp.) sebagai contoh entrepreneur yang sukses.

Siapa pun tentu ingin menjadi entrepreneur yang sukses seperti ketiga orang di atas. Namun, sering kali keseriusan dalam menekuni bidang ini hanya dilakukan oleh segelintir orang. Hambatan bisnis pun kerap datang dari diri seorang calon entrepreneur. Untuk membangun sebuah bisnis dan mewujudkan impian menjadi entrepreneur sukses, seseorang perlu lebih dulu menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Jiwa Entrepreneurship sendiri memiliki beberapa karakteristik, antara lain: mandiri, bersikap percaya diri, berani mengambil risiko, berjiwa pemimpin, visioner, serta berorientasi pada hasil.

  1. Mandiri

    Jika masalah muncul, selalu berusahalah untuk menyelesaikannya secara mandiri karena penting mengandalkan potensi yang ada pada diri sendiri tanpa berharap terlalu banyak terhadap perubahan situasi dan lingkungan sekitar. Tujuannya adalah untuk melatih kreativitas dan problem solving skill yang dimiliki.

  1. Percaya diri

    Rasa percaya diri yang tinggi diperlukan dalam menjalankan bisnis dan perusahaan yang kita dirikan sendiri. Secara tidak langsung, sikap percaya diri akan mendukung kita dalam menyelesaikan setiap pekerjaan serta menjalaninya dengan sikap tenang.

  1. Berani mengambil risiko

    Risiko akan selalu ada dalam setiap keputusan yang kita ambil, oleh karena itu kita perlu berani menghadapi risiko seperti kecelakaan, kerugian, dan kegagalan pada bisnis yang kita jalankan. Dalam berbisnis, semakin tinggi resiko, semakin besar keuntungannya.

  1. Berjiwa pemimpin

    Sebagai seorang entrepreneur yang mengelola banyak orang, kita perlu memiliki jiwa kepemimpinan yang baik agar bisnis berjalan ke arah yang benar dan berkembang bersama dengan orang-orang yang kita pimpin.

  1. Visioner

    Seorang entrepreneur perlu untuk dapat memprediksi situasi yang mungkin terjadi serta dapat melihat peluang baru untuk kemajuan bisnis. Menjadi seorang yang visioner dapat dikembangkan dengan memperkuat literasi dan memperluas wawasan.

  1. Berorientasi pada hasil

    Kita perlu berorientasi pada hasil yang ada agar setiap hambatan yang mungkin muncul tidak membuat kita menyerah, tetapi sebaliknya kita merasa tertantang sehingga hasilnya pun sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Berikut merupakan cara menumbuhkan jiwa entrepreneurship yang efektif:

  1. Pelajari kisah sukses orang lain

    Ada banyak kisah entrepreneur sukses yang membangun bisnisnya dari nol, dengan perjuangan berat hingga akhirnya mencapai kesuksesan besar. Kisah sukses seseorang dalam berbisnis dapat menumbuhkan motivasi kita untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri kita dari ketakutan akan risiko yang akan dihadapi. Motivasi tinggi untuk berbisnis secara bertahap akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship dalam diri Anda.

  1. Mengikuti pelatihan manajemen perusahaan

    Dapat kita peroleh dengan mengikuti seminar atau kuliah umum. Beberapa ilmu manajemen yang populer antara lain: manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen strategi, manajemen produksi, dan manajemen informasi.

  1. Mengeksplor hobi dan minat

    Kita dapat mengasah terus ide kita untuk mendirikan bisnis, mulai dari hal yang terlihat kecil seperti hobi dan minat kita. Dengan demikian, kita bisa memiliki ide bisnis yang menarik sekaligus menyenangkan untuk direalisasikan sehingga jiwa entrepreneurship kita akan makin bertumbuh.

  1. Mengikuti kelas entrepreneurship

    Banyak sekali seminar dan kelas yang dibuat untuk para pemula dalam dunia bisnis. Di kelas ini kita dapat bertanya langsung kepada para praktisi bisnis dan mendapatkan pengetahuan terkait entrepreneurship langsung pada ahlinya.

Referensi:
https://www.kompasiana.com/anugrah_febrian/552b28d86ea834bb6f552d00/artikel-entrepreneurship
https://www.wartaekonomi.co.id/read187913/7-hal-ini-bisa-tumbuhkan-jiwa-entrepreneurship.html

Jiwa Wirausaha (Karakteristik dan Strategi)

Pengertian Wirausaha : Tujuan, Ciri Ciri, Karakteristik dan Manfaat


https://www.jurnal.id/id/blog/2017-tips-menumbuhkan-jiwa-entrepreneurship/

10 Tips Menumbuhkan Jiwa Wirausaha


https://www.pahlevi.net/macam-macam-manajemen/