4 TANDA ORGANISASI ANDA TIDAK SELARAS

3 ALASAN UTAMA MENGAPA ORGANISASI TIDAK SELARAS
October 19, 2020
MENYELARASKAN SASARAN PRIBADI ANDA DENGAN SASARAN ORGANISASI
October 26, 2020

Pernahkah Anda mengalami situasi berikut: Pertama, Anda berusaha keras saat bekerja, tetapi tetap tidak memiliki waktu untuk melakukan sesuatu yang penting. Kedua, Anda mengerjakan suatu  pekerjaan dan hasilnya tidak pernah sebaik yang dikira. Ketiga, Anda bekerja keras tetapi perusahaan tidak memberi kesempatan untuk naik jabatan. Jika jawabannya adalah iya, mungkin ada yang salah terkait bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan Anda untuk mencapai tujuan perusahaan. Segala kesalahan ini merupakan hasil organisasi yang tidak selaras.

Sebuah perusahaan dinyatakan tidak selaras bila karyawannya dalam setiap departemen mengejar sasaran yang tidak sesuai atau mendukung sasaran perusahaan. Bisa jadi mereka menjalankan apa yang dipandang baik oleh mereka, tanpa menyadari apakah itu berguna untuk perusahaan atau tidak. Ketika masalah mulai bermunculan, masing-masing orang akan sibuk untuk melindungi diri mereka sendiri dan menggunakan aturan untuk membenarkan diri. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita mengetahui bahwa organisasi kita tidak selaras?

Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa organisasi Anda tidak selaras:

  • Terlalu lama mengambil keputusan

    Ketidakselarasan pada umumnya terjadi karena kurangnya pemahaman visi dan keterkaitannya dengan strategi organisasi. Hal ini menyebabkan terjadinya pengambilan keputusan yang memakan waktu lebih. Pengambilan keputusan yang lambat akan menghambat pertumbuhan dan menempatkan perusahaan Anda dalam kerugian persaingan. Hal ini dapat terjadi karena Anda bersaing dengan pesaing yang lebih agresif dalam pengambilan keputusan.

  • Terlalu banyak rapat

    Banyak organisasi yang terhambat karena terlalu banyak mengadakan rapat yang  menghabiskan waktu, sehingga mengurangi produktivitas pekerja. Contohnya, di dalam perusahaan yang memiliki budaya hierarki ketat, setiap manajer departemen berpikir bahwa penting untuk mengirim perwakilannya dalam sebuah rapat. Hasilnya, rapat memiliki terlalu banyak peserta dan membutuhkan waktu lama untuk berdiskusi memilih keputusan yang tepat.

  • Menerima terlalu banyak e-mail

    Hal ini berkaitan dengan e-mail yang penting dan tidak dapat diabaikan oleh para karyawan. Sering kali email yang diterima terlalu padat karena belum ada kejelasan tugas untuk setiap karyawan sehingga semua informasi dikirimkan dalam e-mail yang membingungkan. E-mail yang berlebihan menandakan ketidakselarasan organisasi.

  • Komunikasi yang selektif dan hanya meliputi kepentingan pribadi saja

    Jika orang-orang dalam perusahaan sangat berhati-hati dalam membagikan informasi dan tidak bersifat terbuka, maka perusahaan tersebut memiliki masalah ketidakselarasan. Contohnya, ketika manajer perusahaan mendengarkan suatu laporan dari peserta rapat, tetapi laporannya bersifat selektif dan menutup informasi penting dari sang manajer.

 

Reference:
Khadem, R. K. L., & Khadem, R. (2017, June 19). Signs That Your Organization Is Misaligned. Retrieved from https://blog.hrps.org/blogpost/9-Signs-Your-Organization-Is-Misaligned