ASSESSMENT CENTER UNTUK PENGEMBANGAN KARIER

REMOTE TEAM BUILDING
Oktober 26, 2021

Hand with pen over application form

Berdasarkan penelitian Tjinsite (2012), hampir 68% organisasi saat ini menggunakan assessment center untuk proses rekrutmen. Data lain dari Tjinsite (2012) menyatakan bahwa 45% pengusaha menggunakan assessment center karena hasil tesnya menawarkan wawasan komprehensif mengenai kesesuaian antara kandidat dengan budaya dan posisi yang dibutuhkan organisasi. Assessment center sendiri merupakan serangkaian tes, wawancara, simulasi, dan latihan yang dirancang untuk mengukur seberapa baik kinerja talent pada posisi tertentu.

Tidak hanya digunakan untuk proses rekrutmen, assessment center juga dapat digunakan untuk career progression atau promosi serta untuk merancang program pengembangan karyawan. Untuk menemukan wawasan terhadap kemampuan karyawan, assessment center menggunakan beberapa metode, antara lain: in basket exercise, wawancara berdasarkan kompetensi, studi kasus, bermain peran, diskusi kelompok, maupun teknik proyektif. Melalui metode-metode ini, assessment center dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain:

  1. Memberikan informasi yang relevan tentang kekuatan dan kelemahan kandidat.
  2. Mengukur kompetensi yang diperlukan untuk sukses pada posisi tertentu dalam organisasi.
  3. Membantu perusahaan dalam memilih talent yang tepat untuk suatu posisi.
  4. Meningkatkan pengetahuan, proses berpikir, dan efektivitas kerja talent.
  5. Memberikan kesempatan bagi individu untuk menunjukkan bakat dan kemampuan yang tidak nampak dalam pekerjaan sehari-hari karena tidak diperlukan.

Hasil penilaian assessment center biasanya akan dijadikan pertimbangan untuk melakukan rekrutmen atau promosi. Untuk itu, internal talent maupun calon karyawan dapat mempersiapkan diri dengan cara sebagai berikut:

Wawancara

Saat melakukan wawancara, perusahaan berusaha menemukan kecocokan karakteristik antara calon karyawan/ karyawan terhadap posisi yang ada. Ini dapat menjadi kesempatan bagi assesor untuk mengeksplorasi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja secara langsung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari respon tunggal, seperti “ya” dan “tidak”. Selain itu, usahakan menjawab dengan lengkap, jujur, dan rinci. Simak tips lainnya di LIMA TIPS PENTING PERSIAPAN INTERVIEW.

Kegiatan kelompok

Kegiatan kelompok dapat disebut juga sebagai diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok tersebut, assesor perlu melihat beberapa kualitas diri karyawannya. Pertama, apakah talent tersebut merupakan team player dan dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan tim. Kedua, apakah talent memiliki kemampuan dalam berpikir cepat, kritis, kreatif, dan efektif dalam memberikan solusi. Ketiga, apakah karyawan dapat berkomunikasi secara efektif. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari berbicara tanpa data, kembangkan kemampuan komunikasi yang efektif, serta berikan kontribusi yang positif kepada kelompok, bisa berupa saran dan pendapat. 

Studi kasus

Dalam studi kasus, assesor akan memberikan simulasi kasus yang mungkin terjadi di dalam perusahaan. Dengan simulasi tersebut, assesor dapat menemukan beberapa kualitas dan kompetensi kandidat. Pertama, perspektif talent saat merumuskan inti permasalahan. Kedua, kontribusi dan sikap talent terhadap masalah yang diberikan. Ketiga, kemampuan talent dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Keempat, kemampuan talent dalam merencanakan dan mengorganisasi masalah-masalah yang diberikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, talent harus melatih kemampuan analisis terhadap isu-isu organisasi, menginterprestasikan data yang diberikan dalam berbagai bentuk, dan membuat laporan tertulis mengenai pemecahan masalah.

Untuk membangun sumber daya yang berkualitas, perusahaan perlu memastikan kompetensi yang dimiliki karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan di masa kini dan masa depan. Penggunaan assesment center merupakan salah satu cara dalam memperoleh wawasan yang komprehensif mengenai kebutuhan tersebut. Karyawan pun perlu selalu mengembangkan kompetensinya yang selaras dengan model kompetensi organisasi.

 

Referensi:

https://asystems.as/tools-services/assessment-center/

https://economictimes.indiatimes.com/watch-crypto-tales-by-coinswitch-kuber-ep-1-ft-rushindra-sinha/articleshow/86260586.cms

https://www.assessmentday.co.uk/assessmentcentre/

https://www.linkedin.com/pulse/assessment-centres-career-progression-promotion-what-next-wagle

https://www.mindtools.com/pages/article/assessment-centers.htm

https://www.opm.gov/policy-data-oversight/assessment-and-selection/other-assessment-methods/assessment-centers/

https://www.thebalancecareers.com/what-is-a-management-or-leadership-assessment-center-2275962