TUGAS SEORANG CEO

4 TANDA BAHWA ANDA ADALAH CALON CEO
Mei 4, 2020
CARA CEO MEMILIH ORANG YANG TEPAT DALAM TIM KEPEMIMPINAN
Mei 11, 2020

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer, orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan dan mengelola sebuah perusahaan. Pada dasarnya, pekerjaan CEO membutuhkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan konsumen, karyawan, investor, kepatuhan hukum, dan komunitas. CEO juga memiliki komponen utama sebagai deskripsi pekerjaannya, yaitu:

  • Mengatur strategi dan arahan perusahaan.
  • Mengatur value (nilai), perilaku, dan budaya perusahaan.
  • Membangun dan memimpin tim eksekutif senior dalam perusahaan.
  • Mengalokasi dana di setiap prioritas perusahaan.

Mengatur Strategi dan Arahan Perusahaan.

Ini adalah salah satu peran penting seorang CEO. Board of Directors (BOD) bisa membantu CEO untuk mengulas strategi bisnis yang telah dibentuk. CEO adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pengaturan arah perusahaan.

Berikut ini adalah tanggung jawab seorang CEO:

  • Menentukan pangsa pasar mana yang dimasuki.
  • Menentukan pesaing mana yang kompetitif.
  • Memilih produk-produk yang akan dipasarkan.
  • Merencanakan bagaimana perusahaan memiliki nilai produk yang berbeda dengan pesaingnya.

Mengatur Value, Behavior, dan Budaya dari Perusahaan.

Dalam melakukan pekerjaan, karyawan dipengaruhi oleh budaya perusahaan tersebut. CEO mengerti bagaimana lingkungan kerja yang buruk bisa memperburuk karyawan yang unggul. Budaya perusahaan dibangun secara berbeda-beda, namun CEO-lah yang bertanggung jawab untuk mengatur setiap detilnya. Misal, pakaian yang digunakan oleh CEO tersebut menyiratkan pesan bagaimana seorang CEO menginginkan lingkungan kerjanya. Bagaimana CEO memperlakukan atau merespon kegagalan juga sangat mewakili bagaimana enggannya sebuah perusahaan menanggung suatu risiko dalam pekerjaan.

Visi sebuah organisasi akan mengarahkan ke mana tujuan perusahaan itu dan value menentukan bagaimana caranya perusahaan tiba. Seorang CEO menyiratkan value perusahaan melalui reaksi dan respons mereka terhadap situasi yang ada dalam sebuah perusahaan.

Membangun dan Memimpin Tim Eksekutif Senior dalam Perusahaan.

Sudah menjadi kewajiban CEO untuk membangun dan memimpin tim eksekutif senior dalam sebuah perusahaan. CEO harus menyelesaikan masalah perbedaan yang muncul dari setiap anggota tim manajemen senior dan membantu mereka untuk bekerja untuk mencapai tujuan yang sama.

Mengalokasi Dana di Setiap Prioritas Perusahaan.

CEO juga bertanggung jawab atas anggaran dana dalam perusahaan. Mereka memiliki kuasa untuk mendanai proyek mana pun yang selaras dengan strategi perusahaan. CEO juga menentukan anggaran dana terbesar (prioritas) untuk perusahaan dan mengelola modal organisasi.

 

Referensi:
Belyh, A. (2019, September 24). Starved for a Leader? Here’s What Makes a Person a Good CEO. Retrieved from https://www.cleverism.com/starved-for-a-leader-heres-what-makes-a-person-a-good-ceo/