TIPS UNTUK MENINGKATKAN EMPLOYEE EXPERIENCE

PENTINGNYA BUDAYA DALAM KESUKSESAN ORGANISASI
November 12, 2018
OKR UNTUK MENGUKUR KINERJA
November 19, 2018

Dalam lingkup sumber daya manusia, selain employee engagement, ada banyak pembahasan tentang employee experience. Mirip dengan customer experience, employee experience adalah cara mereka mengalami pekerjaan dan bagaimana perasaan mereka tentang bekerja di perusahaan. Employee experience didefinisikan sebagai apa yang diterima karyawan selama interaksi mereka dengan unsur-unsur karir (misalnya perusahaan, pengawas, rekan kerja, pelanggan, lingkungan, dll) yang memengaruhi kognisi dan sikap mereka dan mengarah ke perilaku khusus mereka.

Ada lima hal penting untuk diketahui tentang Employee Experience, yaitu:

  • Employee engagement dan employee experience bukanlah hal yang sama
  • Employee experience terdiri dari tiga elemen: lingkungan fisik, lingkungan budaya dan lingkungan teknologi
  • Employee experience adalah inisiatif yang berharga
  • Employee experience adalah suatu proses; tidak ada perbaikan cepat
  • Employee experience sangat penting sehingga ada posisi pekerjaan yang didedikasikan untuk itu

Perusahaan yang memiliki fokus khusus pada employee experience memiliki budaya yang kuat, keterlibatan karyawan yang tinggi, karyawan yang merasa didukung secara proaktif, lingkungan yang beragam dan inklusif dan tingkat sentuhan yang tinggi sepanjang siklus kehidupan karyawan.

Berikut adalah tips untuk meningkatkan employee experience Anda:

  • Berkomunikasi

    Karyawan Anda adalah pemangku kepentingan utama dan salah satu pelanggan Anda. Berbagi berita perusahaan yang baik dan buruk harus dilakukan dengan karyawan Anda terlebih dahulu. Komunikasikan tujuan dan nilai Anda dengan cara pertemuan virtual atau langsung. Pastikan jalur komunikasi terbuka dan hargai suara karyawan Anda juga. Ucapkan terima kasih secara pribadi dan luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan karyawan pada tingkat individu, tim dan serikat pekerja.

  • Perayaan keberhasilan

    Rayakan kemenangan kerja, ulang tahun, promosi, hari jadi atau ketika karyawan membeli rumah atau melahirkan. Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk merayakan hari besar karyawan dan prestasi tim. Mengenali dan menghargai keberhasilan karyawan akan mengembangkan  rasa memiliki pada sebuah perusahaan.

  • Pembelajaran

    Banyak organisasi yang berkomitmen untuk belajar dan berkembang, tetapi dalam praktiknya, pekerjaan rutin itu menghalangi. Dengan mengembangkan komitmen untuk belajar akan meningkatkan kinerja dan perkembangan karir karyawan.

  • Hapus Hambatan

    Bangun sistem yang sederhana untuk mendukung pekerjaan yang dilakukan karyawan Anda. Karyawan ingin tahu Anda mengambil beban dari mereka untuk menyederhanakan pekerjaan mereka sehingga mereka merasa didukung.

  • Tempat kerja yang inklusif dan beragam

    Mempekerjakan individu dengan beragam latar belakang akan meningkatkan perspektif Anda dan keterampilan memecahkan masalah. Organisasi dengan keragaman dan inklusi akan menurunkan turnover karyawan, meningkatkan keterlibatan karyawan, peningkatan kreativitas dan peningkatan retensi bakat.

 

Referensi:

Top 5 Things To Know About Employee Experience Design


https://www.google.com/amp/s/www.forbes.com/sites/forbeshumanresourcescouncil/2018/05/10/five-things-you-can-do-right-now-to-improve-employee-experience/amp/?espv=1
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Employee_experience_management
https://www.qualtrics.com/blog/6-trends-for-better-employee-experience-in-2018/