TIPS MENINGKATKAN RETENSI KARYAWAN

MENGIDENTIFIKASI KANDIDAT YANG SEMPURNA UNTUK PERUSAHAAN
Mei 31, 2021
MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT REKRUTMEN
Juni 9, 2021

Tidak peduli ukuran atau tahapan bisnis, tingkat keluar masuk karyawan yang tinggi memiliki dampak yang tidak baik bagi perusahaan. Wall Street Journal mencatat bahwa perusahaan dapat mengeluarkan biaya hingga dua kali lipat gaji karyawan untuk mencari dan melatih pengganti karyawan yang keluar. Tidak hanya dampak finansial, tingkat turnover yang tinggi juga dapat menurunkan basis pengetahuan di perusahaan serta menurunkan kinerja dan moral.

Idealnya, perusahaan mencari karyawan baru untuk mengembangkan usaha bisnisnya. Berikut tips kami untuk mempertahankan karyawan di perusahaan Anda:

  1. Kembangkan rencana orientasi untuk karyawan baru

    Memulai pekerjaan adalah hal yang melelahkan. Banyak hal yang perlu dipelajari dan dikuasai. Perusahaan perlu menyiapkan proses orientasi untuk secara bertahap membekali karyawan baru dengan poin penting dalam menjalankan perannya. Karyawan baru memerlukan waktu satu hingga dua hari untuk belajar dan hingga 3 bulan untuk beradaptasi, bahkan lebih. Orientasi ini dapat dijalankan salah satunya melalui rangkaian email dalam periode tertentu untuk menjaga karyawan baru merasa terlibat dan termotivasi.

  1. Tawarkan kompensasi dan benefit yang kompetitif

    Jika perusahaan ingin mempertahankan karyawan yang kompeten dan berperforma bagus, perusahaan perlu menyusun paket kompensasi untuk karyawan tersebut. Kompensasi yang diberikan berdasarkan: kemampuan dan pengalaman karyawan, permintaan dan penawaran (kelangkaan tenaga kerja), lokasi geografis, dan senioritas pekerja. Gaji yang tinggi tidak selalu bisa menahan karyawan yang ingin keluar dari tempat kerja saat ini sehingga perlu dilengkapi dengan benefit yang sesuai dengan motivasi karyawan. Setelah mencari tahu apa yang menjadi motivasi karyawan bekerja, paket kompensasi dan benefit dapat disesuaikan.

  1. Berikan lingkungan kerja dan budaya yang nyaman

    Karyawan ingin bekerja di tempat yang aman dan nyaman. Itulah mengapa kantor perlu berada di lingkungan yang aman serta memiliki ventilasi yang baik, penerangan yang baik, dan suhu yang nyaman. Perusahaan juga perlu memiliki budaya yang sesuai dengan industri, melibatkan karyawan, dan memotivasi mereka. Di Samahita Wirotama, Bapak Ferry Wirawan Tedja menekankan untuk selalu mengerjakan hal dengan cara yang termudah. Itu berarti karyawan bebas memiliki metode apapun untuk menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang sesingkat mungkin.

  1. Berikan coaching dan mentoring untuk perjalanan karir

    Karyawan ingin mengetahui apakah mereka memiliki kesempatan untuk bertumbuh dan membangun karir. Menurut penelitian Linkedin tahun 2018, 93% karyawan akan bertahan dalam perusahaan jika merasa perusahaannya memberi kesempatan berkarier sehingga karyawan dapat berkembang. Ditambah lagi, dalam survei yang sama dinyatakan 68% karyawan lebih suka belajar di tempat kerja. Coaching dan mentoring karier tidak lagi hanya untuk jabatan C-Suite. Menciptakan jalur karier yang jelas bagi karyawan baru adalah cara yang bagus untuk menunjukkan perusahaan berinvestasi di masa depan karyawannya.

  1. Jaga hubungan baik antara karyawan dan atasan

    Menurut survei McKinsey, 85% faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal di tempat kerja adalah hubungan antara karyawan dengan manajemen/manajer. Karyawan merasa lebih dihargai dan memiliki kualitas hubungan interpersonal yang baik dari komunikasi yang lancar dengan manajemen. Perusahaan perlu mendorong manajer untuk bersikap lebih terbuka pada bawahannya dengan memberikan pemahaman, menjadi role model, memberikan pelatihan, serta melalui mekanisme formal seperti memberi pujian bahkan promosi.

Sudah waktunya perusahaan mengurangi beban biaya dengan lebih cermat. Mempertahankan talenta terbaik di perusahaan terbukti memberikan perbaikan finansial dan basis kinerja secara menyeluruh.

 

Sumber:
https://www.strategyhouse.com/blog/3-key-elements-of-an-employee-retention-strategy/
https://learning.linkedin.com/resources/workplace-learning-report-2018#trends
https://www.forbes.com/sites/steveolenski/2015/03/03/7-tips-to-better-employee-retention/?sh=1c408247452b
https://www.mckinsey.com/business-functions/organization/our-insights/the-boss-factor-making-the-world-a-better-place-through-workplace-relationships?cid=other-eml-alt-mip-mck&hdpid=099f3a63-9e0d-4b95-ad64-b266932f99fe&hctky=11435652&hlkid=1f8bb17a5ea743428fd24c77e36c2913