TIPS MEMPERSIAPKAN DAN MELAKUKAN INTERVIEW

COMPETENCY BASED INTERVIEW
September 24, 2018
TRAINING NEED ANALYSIS
Oktober 1, 2018

Interview adalah proses tatap muka secara langsung untuk berkomunikasi dan bertujuan untuk mendapatkan informasi. Proses interview merupakan langkah awal bagi perusahaan untuk mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karenanya perlu diperhatikan oleh pimpinan dan jajaran manajemen mengenai persiapan-persiapan sebelum interview dan saat melakukan interview. Berikut ini tips dalam mempersiapkan dan melakukan proses interview.

  1. Persiapan pra interview

    Persiapan dalam proses interview dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mengungkapkan kompetensi dari kandidat. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

    • Memahami job description

      Tujuan melakukan analisa job description adalah untuk mendapatkan gambaran tentang aktvitas kerja dan tanggung jawab individu  dalam suatu pekerjaan/ jabatan.

    • Mempelajari profil kandidat.

      Interviewer harus memperlajari terlebih dahulu profil kandidat melalui curriculum vitae yang dilampirkan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran latar belakang calon kandidat terhadap posisi pekerjaan yang dilamar.

    • Persiapan ruangan

      Interviewer harus memastikan bahwa selama proses interview ruangan benar-benar bebas dari gangguan. Kemudian hal yang tidak kalah penting yaitu perlu diperhatikan oleh interviewer adalah kenyamanan ruangan untuk memaksimalkan proses interview.

  1. Merancang pertanyaan untuk mengungkapkan kompetensi

    Pertanyaan dapat dirancang dengan cara :

    • Menggunakan pertanyaan terbuka

      Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang mendorong peserta untuk memberikan jawaban berupa pernyataan atau penjelasan sehingga dapat memberikan informasi yang lebih dalam dan mendetail. Dengan pertanyaan terbuka peserta didorong untuk bercerita tentang pengalamannya berkaitan dengan kompetensi yang akan digali.

    • Probing

      Probing adalah pertanyaan yang digunakan untuk menggali lebih dalam informasi-informasi yang diberikan oleh kandidat. Probing hanya terfokus pada satu kompetensi untuk mendapatkan gambaran detailnya.

  1. Pelaksanaan interview

    Setelah analisa job description dan merancang berbagai macam pertanyaan untuk menggali kompetensi yang akan diajukan dalam interview berbasis kompetensi, maka tahap selanjutnya adalah melaksanakan proses interview. Dalam pelaksanaan interview perlu disiapkan berkas-berkas untuk memudahkan proses interview di antaranya :

    • Panduan interview : Berisi langkah-langkah urutan dalam melakukan interview berbasis kompetensi. Di dalam panduan wawancara telah disiapkan daftar pertanyaan-pertanyaan untuk setiap kompetensi.
    • Model kompetensi : Kumpulan kompetensi, kompetensi ini mengidentifikasi apa yang membuat seseorang mencapai efektivitas kerja. Setiap kompetensi dalam model kompetensi terdiri dari heading, description dan indicator mulai dari level lebih rendah ke tingkat lebih tinggi / kompleks.

Dengan menerapkan tips di atas, maka harapannya pimpinan dan jajaran manajemen dapat menjalankan proses interview dengan efektif, sekaligus mendapatkan pekerja yang tepat untuk perusahaan.