TEKNIK PEMECAHAN MASALAH

TAHAP PEMECAHAN MASALAH YANG EFEKTIF
Juli 6, 2020
RAHASIA PEMECAHAN MASALAH YANG LEBIH INOVATIF
Juli 13, 2020

Memecahkan masalah merupakan bagian menjalankan kegiatan bisnis. Cara memecahkan masalah tersebut sangat beragam dan tidak mudah untuk dilaksanakan. Masalahnya sendiri mungkin sangat rumit atau Anda memiliki banyak solusi berbeda untuk dipertimbangkan. Ketika Anda mengalami kesulitan dalam membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah, Anda dapat menggunakan teknik pemecahan masalah yang membantu memberikan pendekatan metodis dan terstruktur.

Berikut adalah beberapa teknik pemecahan masalah yang bisa kita gunakan:

  1. Teknik DRILL DOWN

    Teknik ini melibatkan penelusuran masalah yang lebih luas dan membantu mempersempit atau break down masalah tersebut menjadi lebih kecil. Ketika Anda menghadapi masalah yang kompleks dengan konsekuensi yang signifikan, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memecah masalah tersebut menjadi berbagai komponen kecil sampai Anda berhasil menyelesaikannya.

    Mulai dengan menuliskan masalah yang dihadapi saat Anda menelusuri masalah. Cobalah meringkas masalahnya dalam satu kata atau lebih secara singkat, meskipun itu rumit. Tahap ini merupakan yang pertama dan proses drill down akan berlangsung dari tahap tersebut. Selanjutnya,  masalahnya perlu dipecah menjadi beberapa sub-masalah, contohnya 3-5 sub-masalah. Anda akan terus ‘menelusuri’ masalah dengan membagi masalahnya, hingga Anda merasa tidak mungkin melangkah lebih jauh lagi. Sub-masalah yang dibuat akan memudahkan mencari akar permasalahan dan membantu dalam pengambilan keputusan pemecahan masalah.

  1. FOUR FRAME Model

    Model ini membagi organisasi menjadi four frame dengan tujuan meningkatkan pemahaman organisasi tersebut. Organisasi merupakan entitas yang sangat rumit karena terdiri dari anggota dengan kepribadian, motivasi, kemampuan, keterbatasan yang berbeda dan hal tersebut mempengaruhi kinerja organisasi secara keseluruhan. Jadi, model ini membantu Anda menganalisis organisasi melalui empat bingkai utama untuk memecahkan masalah:

    • Kerangka struktural organisasi: Hal ini meliputi sistem yang digunakan untuk menjalankan bisnis, hierarki orang-orang dalam perusahaan, dan lain lain.
    • Sumber daya manusia: Merupakan kumpulan orang yang menjalankan organisasi Anda. Mereka adalah aset paling penting yang Anda miliki. Tanyakan kepada diri Anda mengenai “Apakah karyawan Anda dirawat dengan baik?; Apakah mereka senang dengan pekerjaannya dan tertantang untuk melakukan yang terbaik setiap hari?”
    • Politik Organisasi: Ketika berbagai macam individu bekerja pada tujuan yang sama, suatu politik organisasi akan terbentuk. Namun, penting untuk menjaga iklim politik di dalam bisnis Anda agar tetap stabil untuk menghindari masalah yang mempengaruhi kinerja karyawan.
    • Pergerakan Organisasi di Masa Depan: Coba analisis cara organisasi bekerja secara keseluruhan dan ke arah mana organisasi bergerak baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
  1. CYNEFIN Framework

    Cynefin Framework membantu mencari tahu bagaimana Anda seharusnya memikirkan masalah sejak awal. Anda dapat menggunakan Cynefin Framework untuk mengategorisasikan masalah ke dalam lima konteks. Kategorisasi ini membantu Anda merangkai strategi pemecahan masalah untuk meminimalisir kegagalan.  Berikut adalah lima konteks tersebut:

    • Masalah yang paling mudah untuk dipecahkan.
    • Masalah yang biasanya memerlukan bantuan seluruh anggota organisasi menemukan solusi.
    • Masalah yang dianggap kompleks dan memerlukan waktu panjang untuk menyelesaikannya.
    • Masalah yang tidak dapat dipahami saat ini, tetapi tetap harus dipecahkan. Biasanya, cara terbaik adalah mencari solusi sementara sampai masalahnya dapat dianalisis lebih lanjut.
    • Masalah yang penyebabnya tidak bisa ditemukan secara langsung. Anda perlu mengumpulkan lebih banyak informasi sehingga penyebabnya dapat ditemukan.

 

Referensi
Problem solving tools. (n.d.). Retrieved from http://www.free-management-ebooks.com/news/problem-solving-tools/
Problem solving. (2020). Retrieved from https://www.mindtools.com/pages/main/newMN_TMC.htm