TALENT OVERHAUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KARYAWAN

LANGKAH DAN MANFAAT MEMBANGUN AGILITY DALAM PERUSAHAAN
Januari 28, 2019
MENGEMBANGKAN LEARNING ORGANIZATION DALAM PERUSAHAAN MELALUI HRD
Februari 4, 2019

Talent Overhaul adalah kebijakan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan karyawan agar menjadi lebih baik melalui pendidikan karyawan dan pengembangan profesional. Kemampuan yang dikuasai oleh karyawan sudah tidak lagi relevan dengan kebutuhan pasar saat ini, maka diperlukan kemampuan dan sistem yang baru. AT&T adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia yang melakukan sistem talent overhaul tersebut.

Faktor pendorong perusahaan menggunakan talent overhaul adalah:

  • Faktor Internal: Faktor-faktor yang didorong oleh kondisi internal perusahaan seperti kemampuan karyawan yang belum berkembang, siklus pengembangan produk yang lambat, struktur peran yang tidak efektif, dan mobilitas kerja yang lambat.
  • Faktor Eksternal: Faktor-faktor yang didorong oleh kondisi di luar perusahaan yang memiliki dua karakteristik termasuk:
    • Kondisi global yang dominan termasuk perkembangan teknologi, globalisasi, dan era revolusi industri 4.0.
    • Kondisi eksternal dengan skala kecil termasuk tuntutan kebutuhan konsumen dan munculnya pesaing baru yang lebih digital.

 

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan AT&T dalam proses talent overhaul yang dapat diterapkan di perusahaan Anda:

  • Membuat rancangan talenta masa depan dan kemudian menganalisis kekosongan antara kemampuan saat ini dan kemampuan yang dibutuhkan di pasaran

    Tentukan apa kemampuan yang diperlukan di masa depan dan analisa kemampuan apa yang dimiliki karyawan saat ini. Temukan kekosongan di antara keduanya dan, daripada merekrut karyawan baru, berikan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan lama untuk bisa memenuhi kemampuan yang dibutuhkan di masa depan.

  • Mengonsolidasi posisi dan peran

    Tentukan peran dan posisi apa yang masih dibutuhkan dan sudah tidak dibutuhkan. Lakukan peleburan posisi jika perlu.

  • Memikirkan ulang manajemen kinerja dan kompensasi

    Sederhanakan metrik pengukur kinerja dan tingkatkan target kinerja. Desain ulang kompensasi yang diberikan untuk pekerjaan dan kinerja yang baik untuk memberikan motivasi.

  • Menjadikan pengembangan SDM sebagai budaya perusahaan

    Saat perusahaan mengembangkan pemberdayaan karyawan, para karyawan juga perlu berkomitmen dan menginvestasikan waktu untuk mengembangkan keterampilan.

  • Menyediakan fasilitas untuk membantu mengelola perubahan

    Sediakan fasilitas dan siapkan pelatihan yang dibutuhkan karyawan untuk mengembangkan kemampuan dan memulai perubahan. Fasilitas tersebut dapat berupa peralatan, mesin, komputer atau perangkat keras yang dibutuhkan serta kelas pelatihan yang bisa diikuti oleh karyawan.

  • Biarkan karir karyawan bergerak dari satu bidang ke bidang yang lain

    Biarkan karir karyawan bergerak dari satu level ke level yang lain daripada hanya bergerak ke atas. Karyawan dengan lebih banyak kemampuan di berbagai bidang memiliki peluang lebih besar untuk berkembang dan bertumbuh.

  • Beralih ke sistem tim network

    Daripada membuat struktur organisasi yang hirarkis dan memberikan tugas sesuai masing-masing departemen, Anda bisa membentuk tim kecil gabungan dari beberapa departemen yang bekerja dalam suatu proyek.

Referensi:
https://capitalhblog.deloitte.com/2016/09/27/how-telecom-icon-atts-talent-reskilling-enables-future-relevance/
https://hbr.org/2016/10/atts-talent-overhaul
https://blog.sureskills.com/three-takeaways-from-atts-talent-overhaul