TAHAP PEMECAHAN MASALAH YANG EFEKTIF

CARA ANALISIS MASALAH YANG TEPAT
Juli 2, 2020
TEKNIK PEMECAHAN MASALAH
Juli 9, 2020

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan mengalami masalah ketika menjalankan sebuah bisnis. Sebagai pebisnis, Anda wajib membuat strategi pemecahan masalah untuk mencari tahu masalah yang ada dan terus bergerak maju menjalankan bisnis Anda secara efisien dan efektif. Strategi pemecahan masalah yang tepat merupakan pendekatan terstruktur untuk mengatasi masalah dan dapat mengarahkan Anda ke solusi terbaik. Pendekatan ini memberikan sense of control  dan prediktabilitas yang lebih akurat dalam menangani masalah.

Berikut adalah  langkah-langkah strategi pemecahan masalah efektif yang dapat diterapkan:

  1. Identifikasi masalah

    Tahap pertama adalah pengenalan pada masalah. Cobalah fokus menggambarkan masalah seobjektif mungkin, daripada berfokus pada konsekuensi atau implikasi masalah tersebut. Hal ini dapat membantu Anda memahami masalah yang sedang ditangani saat ini.

    Anda dapat memulai dengan menerapkan Pareto Chart untuk memudahkan organisasi untuk mengidentifikasi masalah utama secara visual. Bagan tersebut memberikan gambaran terstruktur dan logis mengenai suatu masalah yang akan membantu para pemimpin dan bawahannya menangani masalah.

  1. Analisis masalah

    Tahap kedua dalam strategi pemecahan masalah adalah Anda perlu mencari tahu penyebab masalah, seperti apa masalah yang dihadapi saat ini, dan urgensi menangani masalah tersebut. Temukan akar masalahannya dengan cara melakukan penelitian terhadap masalah yang dihadapi. Selain itu, evaluasilah semua cara yang berbeda di mana masalah tersebut dapat berdampak.

  1. Brainstorming berbagai macam solusi

    Lakukan brainstorming dan hasilkan sebanyak mungkin solusi dalam menangani masalah. Coba mulai mendiskusikan dengan kolega atau teman terpercaya terkait solusi pemecahan masalah tersebut. Selain itu, mendiskusikan dengan kelompok pemecahan masalah lintas-fungsional juga dapat membantu. Proses ini pada akhirnya akan membantu Anda melihat masalah dari berbagai perspektif.

  1. Mengambil keputusan terkait solusi yang tepat

    Evaluasilah solusi yang Anda buat pada langkah sebelumnya. Coba timbang pro dan kontra jangka pendek dan jangka panjang setiap solusi tersebut. Anda juga harus mulai mengevaluasi kelayakan setiap solusi tersebut. Tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh Anda mampu mengimplementasikan solusi masalah tersebut?

  1. Mengambil tindakan.

    Tahap terakhir adalah mengambil tindakan terhadap pertimbangan sebelumnya. Berdasarkan pertimbangan pro dan kontra setiap solusi, Anda disarankan untuk fokus mengambil tindakan solusi dengan risiko rendah dan yang sesuai dengan prioritas serta tujuan masa depan. Setelah Anda menerapkan solusi tersebut, evaluasi bagaimana solusi itu berhasil atau tidak berhasil diterapkan. Jika solusinya tidak sepenuhnya mengatasi masalah, Anda kemudian dapat berpindah ke tahapan sebelumnya untuk mengatasi masalah.

 

Referensi
Problem solving strategies. Retrieved from https://www.educational-business-articles.com/problem-solving-strategies/
Robinson, A. (2020). Effective problem solving steps for business and life in general. Retrieved from https://www.linkedin.com/pulse/20140530154920-39527870-6-effective-problem-solving-steps-for-business-and-life-in-general/