STRATEGI 5Ps MINTZBERG

VRIO FRAMEWORK
Agustus 20, 2020
MCKINSEY 7S FRAMEWORK
Agustus 27, 2020

Membangun dan menjalankan bisnis membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan atau seringkali disebut sebagai strategi merupakan serangkaian kewajiban untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam membangun sebuah strategi bisnis tersebut, Anda harus mampu menyusun langkah – langkah yang bertujuan untuk membangun visi serta misi perusahaan.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan strategi, contohnya seperti lingkungan di mana organisasi beroperasi, para pesaingnya, dan budaya serta nilai-nilai perusahaan, dan para pekerjanya. Dengan begitu, perusahaan akan mampu merancang sebuah strategi bisnis yang efektif.

Merangkai strategi yang efektif merupakan suatu tantantangan yang dihadapi para pengusaha. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Mintzberg 5Ps of Strategy dianjurkan untuk diimplementasikan dalam proses pembuatan strategi guna meraih tujuan yang ingin dicapai. Mintzberg 5Ps of Strategy terdiri dari Plan, Ploy, Pattern, Position, dan Perspective. Penjelasan dari setiap proses adalah sebagai berikut:

 

  • Plan: tahap pembuatan rencana membutuhkan brainstorming dan gambaran mengenai bagaimana menerapkan hasil dari brainstorming
  • Ploy: menjelaskan bagaimana Anda menjadi lebih baik dari pesaing dengan membuat rencana untuk mengganggu, menghambat, melumpuhkan, atau memengaruhi yang menjadi bagian dari
  • Pattern: strategi dapat muncul dari perilaku organisasi yang terdulu. Oleh sebab itu, catatlah pola cara kerja tim dan organisasi Anda. Lalu, bertanyalah bila pola ini telah menjadi bagian tersirat dari strategi Anda. Pikirkanlah dampak yang harus dimiliki pola cara kerja ini dalam perencanaan strategis.
  • Position: proses ini merupakan bagaimana Anda memosisikan perusahaan di pasar sehingga strategi yang dibuat membantu untuk mencari tahu posisi yang cocok antara organisasi dan lingkungan kerja Anda.
  • Perspective: pilihan strategi organisasi Anda bergantung pada budaya organisasi. Patterns membentuk sudut pandang organisasi dalam memandang strategi dan mengenai apa yang mereka bisa lakukan dengan baik.

Konsep ini mendukung pembentukan strategi bisnis karena penerapan konsep ini mempertimbangkan semua kelebihan dari kekuatan, kompetensi, dan kemampuan perusahaan Anda. Untuk mengimplementasi Mintzberg 5Ps of Strategy, bayangkanlah konsep ini sebagai sudut pandang pada saat membentuk strategi untuk mencapai kesuksesan.

Berikut adalah tiga poin penting dalam proses perencanaan strategis:

  1. Ketika Anda mengumpulkan informasi dan melakukan analisis untuk pengembangan strategi, pastikan bahwa semua yang Anda lakukan dan gunakan itu relevan.
  2. Ketika ide awal muncul, ujilah apabila itu realistis, praktis, dan kuat.
  3. Ketikamemeriksa strategi yang telah dikembangkan, buanglah segala hal yang tidak konsisten dan hal yang belum sepenuhnya dipertimbangkan dari perencanaan strategi Anda.

Menggunakan Mintzberg 5Ps of Strategy akan membantu Anda menyoroti masalah yang merusak implementasi strategi Anda. Sangat penting untuk mengidentifikasi semua masalah pada tahap pembuatan rencana daripada membuat kesalahan rencana yang akan menghabiskan banyak dana.

 

Referensi:
Michele, Midgie, Mind Tools Content Team, Mind Tools Content Team, & Mind Tools Content Team. (n.d.). Mintzberg’s 5Ps of Strategy: Improving the Robustness of Your Strategy. Retrieved from https://www.mindtools.com/pages/article/mintzberg-5ps.htm