PERUBAHAN TEKNOLOGI DI DALAM BISNIS

BAGAIMANA PORTER 5 FORCES MEMBANTU UKM MENGANALISA KOMPETISI
Juni 1, 2020
BISNIS DALAM RESESI
Juni 8, 2020

Dengan semakin majunya zaman, teknologi terus-menerus berkembang. Bisnis skala kecil atau start-up mulai bermunculan dan selalu beradaptasi terhadap segala kebutuhan konsumennya. Selama bertahun-tahun telah ada banyak perubahan pada cloud system (sistem penyimpanan data), pengelolaan data, dan jasa informasi teknologi (IT).  Perkembangan teknologi mendorong bisnis kecil untuk beroperasi lebih efisien, seperti mempermudah bisnis untuk mengadakan rapat atau memudahkan komunikasi mereka dengan konsumen sehingga bisnis-bisnis ini dapat dengan mudah mencapai tujuan mereka.

Salah satu keuntungan yang diperoleh oleh bisnis kecil dengan adanya teknologi adalah kemudahan untuk berkolaborasi antar tim. Contohnya, keberadaan Google Docs yang membuat tim mereka dapat bekerja dan mengulas sebuah dokumen secara bersamaan untuk menghemat waktu. Bisnis kecil juga dapat dengan lebih mudah menjangkau konsumen mereka agar dapat memenuhi kebutuhannya. Web chat software, contohnya, membantu mempermudah bisnis dengan cara memberikan layanan agar dapat berbicara dengan konsumennya secara pribadi. Ketika bisnis menawarkan bantuan dan menyediakan jawaban melalui web chat software, mereka dapat memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang dengan lebih cepat.

Berikut adalah cara untuk memilih teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  • Melakukan penelitian terhadap teknologi yang relevan

    Anda perlu melakukan penelitian untuk menilai teknologi apa yang ada di pasar dan apa ulasan dari pengguna. Mengizinkan orang yang akan menggunakan teknologi untuk menilainya dapat memastikan manfaat dari teknologi atau sistem baru tersebut.

  • Mengetahui kekuatan bisnis Anda

    Fokuslah kepada inti di mana perusahaan Anda sukses dalam suatu hal dan bagian mana yang perlu diperbaiki. Berkonsultasilah dengan manajer dan karyawan untuk memeriksa hal yang perlu dioptimalkan. Contohnya, kecepatan internet mungkin menurun dalam operasi sehari-hari di kantor Anda. Mengganti dengan internet yang lebih mahal tetapi lebih cepat akan meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis Anda.

  • Mengerti karyawan Anda

    Cobalah untuk mengerti kemampuan karyawan Anda. Mencoba untuk mengimplementasikan teknologi baru kepada tim yang menolak untuk beradaptasi adalah langkah yang sia-sia. Untuk menghindari masalah ini, pastikan Anda mengerti kelebihan dan kelemahan karyawan Anda yang perlu didukung sehingga Anda dapat memastikan bahwa teknologi baru yang ada relevan untuk digunakan dan menguntungkan bagi karyawan Anda.

  • Ramah pengguna

    Teknologi yang diimplementasikan haruslah mudah digunakan oleh seluruh karyawan. Jika karyawan sulit mengoperasikan teknologi tersebut, maka akan menyebabkan turunnya produktivitas dalam melakukan pekerjaan mereka.

  • Memastikan dukungan teknis tersedia

    Untuk memastikan kelancaran transisi dari sistem lama ke sistem baru diperlukan dukungan dalam bentuk pelatihan, keamanan, peningkatan (upgrade), dan layanan pemecahan masalah (troubleshooting) sangat penting. Memilih teknologi yang tepat berarti memilih sistem yang tidak hanya memberikan kapasitas yang Anda butuhkan saat ini, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan ekspansi besok. Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak membayar untuk kapasitas lebih dari yang Anda butuhkan.

 

Referensi:
Commercient. (2020). Technology Challenges Businesses Face & How to Overcome Them. [online] Available at: https://www.commercient.com/3-big-technology-challenges-businesses-face-overcome/ [Accessed 19 Feb. 2020].
Benefits of Technology in Business. Smallbusiness.chron.com. (2020). Retrieved 19 February 2020, from https://smallbusiness.chron.com/benefits-technology-business-336.html.