PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN PADA BALANCED SCORECARD

PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL PADA BALANCED SCORECARD
September 14, 2020
KELEBIHAN BALANCED SCORECARD
September 21, 2020

Tujuan yang ditetapkan dalam sudut pandang finansial, pelanggan, dan proses bisnis internal menjelaskan mengenai apa yang harus dikuasai perusahaan untuk menghasilkan kinerja yang luar biasa. Tidak kalah pentingnya adalah memahami perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada Balanced Scorecard (BSC) karena perspektif ini akan membantu menyediakan ekosistem yang memungkinkan tujuan dari sudut pandang lainnya tercapai.

 

Perspektif tersebut juga mengajarkan pentingnya menanamkan investasi untuk masa depan, seperti peralatan baru, riset, dan pengembangan produk baru. Selain itu, perusahaan juga harus melakukan investasi terhadap infrastruktur, para pekerja, serta sistem dan prosedur agar membantu mencapai tujuan pertumbuhan jangka panjang.

Terdapat empat kategori utama yang harus ditingkatkan dalam pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan, yaitu:

  • Kapabilitas karyawan

    Melakukan proses pekerjaan yang sama terus-menerus, dengan tingkat efisiensi dan produktivitas yang sama, tidaklah cukup untuk mencapai keberhasilan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan perusahaan, gagasan untuk meningkatkan proses dan kinerja untuk pelanggan harus datang dari pekerja lini depan yang paling dekat dengan proses internal dan pelanggan perusahaan. Pergeseran ini memerlukan pelatihan kembali para pekerja sehingga kepandaian dan kreativitas dapat ditingkatkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

  • Kapabilitas sisteminformasi

    Untuk meningkatkan keefektifan karyawan yang bekerja dalam lingkungan kompetitif di dunia bisnis, perusahaan perlu mengumpulkan informasi mengenai pelanggan, proses internal, dan konsekuensi finansial keputusan perusahaan. Para karyawan garis depan perlu mendapat informasi yang akurat dan tepat waktu mengenai setiap hubungan yang ada antara perusahaan dengan pelanggan.

  • Motivasi dan pemberdayaan karyawan

    Meskipun karyawan yang terampil dilengkapi dengan akses kepada informasi yang luas, mereka tidak akan memberi kontribusi bagi keberhasilan perusahaan jika mereka tidak termotivasi untuk bertindak kepada kepentingan terbaik perusahaan. Oleh karena itu, faktor yang memicu tujuan pembelajaran dan pertumbuhan terfokus kepada iklim perusahaan, yang mendorong timbulnya motivasi dan inisiatif karyawan untuk berkontribusi.

  • Prosedur dan instruksi kerja

    Kategori ini menggambarkan tanggung jawab setiap karyawan di dalam perusahaan, contohnya siapa yang melakukan tindakan apa, urutan apa yang harus dilakukan, langkah atau tugas berikutnya, kriteria standar yang harus mereka penuhi, dan lain-lain. Setiap tanggung jawab yang dilakukan harus dievaluasi secara periodik guna memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan kualitas, seperti ISO 9001, TQM, atau Sig Sigma.

 

Referensi:
BSC – Learning & Growth Perspective. (n. d.). Retrieved from http://www.smb-finance.com/services/global-business-consultancy-Balanced-scorecard/bsc-project-management-implem2entation-3
Learning and Growth Perspective. (2020). Retrieved from https://Balancedscorecard.org/learning-and-growth-perspective/
Marr, B. (2020). The Four Perspectives In a Balanced Scorecard. Retrieved from https://www.bernardmarr.com/default.asp?contentID=968