PENTINGNYA PERAN KONSULTAN MANAJEMEN DALAM ORGANISASI

MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KEPEMPIMPINAN DARI ANCAMAN DALAM ERA AI DAN TEKNOLOGI
Maret 12, 2018
5 LANGKAH EFEKTIF UNTUK MEMPERKUAT BISNIS ANDA
Maret 26, 2018

Meskipun banyak pemimpin menginginkan perkembangan dalam organisasinya, ternyata masih banyak juga yang tidak benar-benar fokus dalam strategic planning. Padahal, tanpa adanya sebuah strategic planning yang efektif, organisasi tidak dapat mengeksekusi strategi mereka untuk mencapai target yang diinginkan. Dari sinilah peran konsultan manajemen benar-benar terlihat, untuk membantu berjalannya sebuah strategic planning yang efektif untuk perkembangan organisasi.

Namun, masih banyak organisasi yang tidak yakin dengan jasa konsultan manajemen karena beberapa hal, seperti keraguan mengenai tim internal yang tidak mempercayai konsultan dari luar atau keraguan mengenai pemahaman konsultan mengenai lingkup bisnis organisasi tersebut. Padahal, menggunakan jasa konsultan manajemen dapat membawa dampak positif terhadap sebuah organisasi. Berikut adalah beberapa dampak positifnya:

  1. Segera berproses
    Saat dipanggil untuk bekerja sama dengan sebuah organisasi, konsultan manajemen akan langsung berproses untuk memahami situasi bisnis organisasi tersebut. Mereka akan mulai dengan menganalisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) dalam lingkup bisnis organisasi tersebut. Seorang konsultan manajemen akan hadir dengan beragam metode serta prosedur yang efektif untuk mengenali situasi organisasi yang ada.
  1. Mengidentifikasi isu-isu yang terjadi
    Sangat penting bagi kesuksesan sebuah perencanaan strategis untuk mengidentifikasi isu-isu yang terjadi dalam organisasi. Isu-isu yang telah diidentifikasi ini kemudian harus didiskusikan serta dievaluasi bersama secara menyeluruh. Seorang konsultan manajemen yang profesional akan memandu proses diskusi ini untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif.

 

  1. Mempertahankan hal-hal yang efektif
    Semua organisasi memiliki hal-hal baik yang bekerja dengan efektif. Seorang konsultan manajemen akan menyadari hal-hal ini dan mempertahankan eksistensi hal – hal tersebut. Selebihnya, konsultan juga akan mengidentifikasi hal-hal yang tidak efektif dan meyakinkan anggota organisasi untuk menghilangkan hal-hal tidak efektif tersebut.
  1. Bekerja sama untuk kemajuan
    Seorang konsultan akan berusaha mengenali berbagai hal yang pro dan kontra dalam organisasi serta memahami lingkup bisnis organisasi kliennya juga. Selain itu, konsultan juga akan bekerja sama sebaik mungkin dengan tim perencanaan organisasi tersebut dalam meriset dan menganalisa bisnis untuk menentukan tujuan bisnis yang matang dan efektif.
  1. Dari strategi ke action plan
    Sebuah perencanaan strategis juga harus dilengkapi dengan action plan yang detail dan dapat dieksekusi dengan efektif. Dalam hal ini, konsultan manajemen akan menyediakan sebuah road map dan business review mechanism untuk memastikan bahwa strategi tersebut terlaksana dengan baik

Pada akhirnya, meskipun berasal dari luar organisasi, konsultan manajemen dapat memberi pandangan baru mengenai lingkup bisnis organisasi untuk membentuk perencanaan strategis yang efektif. Selain itu, konsultan juga akan bekerja sama dengan tim internal organisasi untuk mencapai hasil yang menguntungkan demi perkembangan organisasi tersebut.