PENTINGNYA MEMBANGUN TIM

MENGENAL DAN MENGELOLA KEKUATAN DAN KELEMAHAN ANGGOTA TIM
Oktober 18, 2018
8 TIPS MEMILIH ANGGOTA TIM YANG EFEKTIF
Oktober 25, 2018

Salah satu hal yang harus diutamakan oleh para pemimpin adalah kinerja dan hubungan tim mereka. Indikator kinerja menunjukkan bahwa tim yang efektif hampir selalu mengungguli orang yang bekerja secara individual, terutama dalam situasi tekanan tinggi atau ketika beberapa keterampilan diperlukan.

Tanpa keterampilan membangun tim, seorang pemimpin berisiko membatasi produktivitas karyawan mereka dengan apa yang dapat dilakukan oleh setiap anggota mereka sendiri, sedangkan jika Anda membantu membangun tim, Anda dapat menyatukan tim Anda di sekitar tujuan bersama, yang akan meningkatkan produktivitas sebagai hasilnya.

Inilah lima langkah untuk membangun tim yang produktif dan efektif:

  1. Tetapkan kepemimpinan

    Jika karyawan Anda mempercayai penilaian Anda, mereka akan bekerja efektif bahkan ketika Anda tidak ada. Sebelum Anda memulai membangun tim, Anda perlu mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang tepat. Ini tidak berarti menegaskan otoritas, tetapi berusaha untuk menumbuhkan kepercayaan melalui kejujuran dan transparansi. Terutama di organisasi yang lebih besar, pengelola tidak dapat berada di mana saja sekaligus, tetapi jika karyawan Anda mempercayai penilaian Anda, mereka akan bekerja efektif bahkan ketika Anda tidak ada.

  1. Bangun hubungan dengan masing-masing karyawan Anda

    Cobalah untuk belajar lebih banyak tentang setiap anggota tim Anda, keahlian mereka dan bagaimana mereka termotivasi. Pengetahuan ini tidak ternilai bagi para pemimpin, karena memungkinkan mereka untuk mencocokkan keahlian dan kompetensi masing-masing karyawan dengan masalah-masalah khusus, yang akan membantu meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja mereka. Berikan proyek terbuka tim Anda dan izinkan mereka untuk menentukan solusi terbaik. Ini akan mendorong mereka untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.

  1. Bangun hubungan di antara karyawan Anda

    Ketika tim Anda mulai bekerja sama lebih banyak, periksa cara mereka bekerja bersama dan ambil langkah untuk meningkatkan komunikasi, kerjasama, dan kepercayaan di antara tim. Jika ada konflik, cobalah untuk menyelesaikannya secara damai. Dengarkan kedua sisi argumen dan bertindak sebagai mediator. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan melakukan brainstorming solusi, yang membantu memberdayakan karyawan Anda dan dapat mengarah ke solusi baru untuk masalah tersebut.

  1. Menumbuhkan kerja sama tim

    Saatnya untuk membantu mereka bekerja bersama secara efektif. Dorong tim Anda untuk berbagi informasi, baik di antara mereka sendiri dan dalam organisasi yang lebih luas. Selain itu, cobalah untuk berkomunikasi lebih banyak dengan tim Anda. Ini lebih dari sekadar mengadakan pertemuan, dan mencakup hal-hal seperti bersikap terbuka terhadap saran dan kekhawatiran, bertanya tentang pekerjaan masing-masing anggota tim dan menawarkan bantuan bila perlu, dan melakukan semua yang Anda bisa untuk berkomunikasi secara jelas dan jujur dengan tim Anda.

  1. Tetapkan aturan dasar untuk tim

    Akhirnya, Anda dapat mulai secara resmi membangun tim Anda melalui penciptaan nilai-nilai dan tujuan tim, serta mengevaluasi kinerja tim bersama kinerja individu. Pastikan untuk memasukkan tim Anda dalam proses ini, sehingga mereka tahu apa yang diperlukan dan menyetujuinya.

Membangun tim adalah salah satu tanggung jawab terpenting yang dimiliki seorang pemimpin. Itu bukan sesuatu yang bisa dicapai dalam waktu singkat dan kemudian dilupakan. Ini adalah proses berkelanjutan yang harus Anda fasilitasi dan bimbing. Namun, ketika proses ini dijalankan, anggota tim Anda akan mulai percaya dan mendukung satu sama lain dan berbagi keahlian dan upaya mereka untuk lebih efektif menyelesaikan tujuan organisasi Anda.

Referensi:
m.huffpost.com/us/entry/7132406