PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN DAMPAKNYA DI TEMPAT KERJA

PROGRAM MENTORING
Oktober 11, 2018
MENGENAL DAN MENGELOLA KEKUATAN DAN KELEMAHAN ANGGOTA TIM
Oktober 18, 2018

Kompetensi adalah faktor penentu dalam kinerja karyawan. Motivasi, pemahaman dan pengetahuan serta sikap karyawan terhadap pekerjaan sangat penting dalam keberhasilan mereka di tempat kerja. Kompetensi diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk bekerja secara efisien sehingga menghasilkan hasil yang positif untuk pertumbuhan perusahan. Salah satu kekuatan pendorong pertumbuhan ini adalah produktivitas kolektif karyawan. Mengembangkan praktik kerja yang efisien dan cerdas adalah salah satu fokus utama pengembangan organisasi.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengembangkan kompetensi karyawan:

  1. Menyelenggarakan seminar, lokakarya, dan kuliah untuk keahlian khusus.

    Profil pekerjaan telah menjadi lebih beraneka ragam akhir-akhir ini. Satu orang diharapkan mampu melakukan beberapa tugas pada saat yang sama sehingga penting untuk mengasah keterampilan mereka. Workshop, kuliah, dan seminar dapat menjadi dorongan besar dalam meningkatkan kompetensi. Dengan keahlian yang lebih kuat, tugas mereka dapat dilakukan dengan lebih efisien.

  1. Mengenali bakat karyawan dan membimbing mereka.

    Bagaimana cara melacak perkembangan setiap bakat karyawan? Di sinilah pentingnya perencanaan dan pengembangan kompetensi. Berinteraksi dengan setiap karyawan secara teratur, mengenali kekuatan mereka, dan membimbing mereka dalam setiap proyek sampai mereka mahir dapat menguntungkan karyawan maupun perusahaan.

  1. Bertukar dan merotasi pekerjaan di antara karyawan.

    Sebagai praktik pengembangan kompetensi yang efektif, tugas atau posisi dapat dirotasi di antara karyawan yang dimiliki departemen yang sama. Hal itu memberi karyawan wawasan tentang profil pekerjaan orang lain sehingga memperluas perspektif mereka. Perspektif ini membuatnya lebih mudah untuk berkoordinasi satu sama lain dan departemen lain.

  1. Selalu berkomunikasi dengan kebutuhan dan tuntutan karyawan.

    Ini adalah cara paling penting untuk mendapatkan wawasan tentang keluhan dan pemikiran karyawan tentang perusahaan. Berkomunikasi secara teratur dengan karyawan dan mendengar pendapat mereka tentang bagaimana memajukan perusahaan terbukti sangat bermanfaat. Hal ini dapat mengembangkan kompetensi mereka. Tenaga kerja dapat membangun atau menghancurkan suatu organisasi, sehingga sangat penting untuk memperhatikan mereka.

Pengembangan kompetensi dapat menjadi tugas yang menakutkan, tetapi juga dapat membantu Anda memperoleh manfaat jika dilakukan dengan benar. Gagasan utamanya adalah menjadikan tempat kerja sebagai tempat belajar, bertukar gagasan, dan memberdayakan satu sama lain untuk kinerja yang lebih baik bagi keberhasilan individu dan kolektif.

Referensi:
http://www.cerveausys.com/blog/competency-development-and-its-impact-in-the-workplace/