MULAI DENGAN TUJUAN AKHIR

JADILAH PROAKTIF
Februari 6, 2020
DAHULUKAN YANG UTAMA
Februari 13, 2020

Setelah kita mengambil tanggung jawab atas kehidupan kita, adalah sangat penting untuk kita memahami akan menjadi siapa kita di masa depan. “Mulai dengan tujuan akhir” adalah memulai hari dengan membayangkan, menggambarkan, atau memiliki paradigma akhir hidup yang sesuai dengan nilai-nilai Anda. Dengan memiliki tujuan akhir, Anda memastikan apapun yang Anda kerjakan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Anda dan memberi kontribusi yang bermakna terhadap visi hidup Anda setiap harinya.

Kebiasaan ini didasarkan pada prinsip “semua hal diciptakan dua kali”. Yaitu mental atau penciptaan pertama, dan fisik atau penciptaan kedua, dalam semua hal. Dalam kehidupan pribadi, jika kita tidak mengembangkan kesadaran pribadi dan tidak bertanggung jawab terhadap penciptaan pertama, maka kita membiarkan orang lain serta keadaan membentuk sebagian besar hidup kita.

Mengembangkan Tujuan Akhir

Stephen Covey mengemukakan bahwa cara yang paling efektif untuk mulai dengan tujuan akhir adalah dengan mengembangkan “pernyataan misi pribadi”. Hal ini berfokus pada ingin menjadi apakah Anda (karakter), dan apa yang ingin Anda lakukan (kontribusi dan prestasi), serta pada nilai-nilai atau prinsip yang mendasari Anda.

Pernyataan misi pribadi yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang benar menjadi standar yang sama bagi individu. Pernyataan misi pribadi menjadi konstitusi pribadi, dasar untuk membuat keputusan besar sebagai arah hidup, dasar untuk membuat keputusan sehari-hari di tengah situasi dan emosi yang memengaruhi hidup Anda.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda laksakan untuk melatih kebiasaan memulai dengan tujuan akhir:

  1. Bayangkan Akhir Kehidupan

    Luangkan waktu untuk membayangkan perasaan keluarga, teman, atau kolega kerja di saat pemakaman Anda. Lalu, catatlah kesan Anda saat membayangkan kejadian tersebut.

  1. Evaluasi Peran Pribadi

    Luangkan beberapa saat dan tuliskan peran-peran Anda sebagaimana Anda melihatnya sekarang. Apakah Anda puas dengan bayangan cermin dari kehidupan Anda?

  1. Tulis Pernyataan Misi Pribadi

    Tetapkan waktu khusus untuk benar-benar melepaskan diri Anda dari kegiatan sehari-hari dan mulai membuat pernyataan misi pribadi Anda. Mulailah membuat kumpulan catatan, kutipan, dan gagasan yang mungkin Anda gunakan sebagai bahan untuk menulis misi tersebut.

  1. Proyek Tujuan Akhir

    Identifikasi sebuah proyek yang akan Anda hadapi dalam waktu dekat dan terapkan penciptaan mental. Tulis hasil yang Anda inginkan dan langkah-langkah yang akan membawa Anda ke tujuan itu.

 

Referensi:
Covey, S. R. (2015). 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif. (R. A. Djanuar, Ed., I. Rosalina, & R. A. Djanuar, Trans.) Jakarta: Dunamis Intra Sarana.