MENGAPA SEORANG CEO PERLU TERUS BELAJAR?

HAL YANG PERLU DIPELAJARI OLEH SEORANG CEO HEBAT
Mei 18, 2020
BAGAIMANA CEO MERAIH PUNCAK TANPA GELAR
Mei 25, 2020

Saat ini banyak perusahaan mengalami perubahan dengan adanya peralihan sistem tradisional ke modern. Peralihan sistem perusahaan ini membutuhkan CEO yang mampu memahami bagaimana caranya beradaptasi atau menyesuaikan diri dalam ketidakpastian. Kunci untuk seorang CEO dalam siap menghadapi perubahan tersebut adalah mempunyai kebiasaan tetap belajar untuk menyesuaikan diri. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal CEO yang belajar:

  • Bersikap terus belajar (continuous learning)

    Seorang CEO, Alister Esam, berkata bahwa hal terpenting untuk menilai seorang kandidat CEO bukan hanya dari masa lalu mereka, namun juga sikap mereka dalam mempelajari suatu hal yang baru. Esam berasumsi bahwa kebanyakan orang tidak dilatih menjadi CEO, mereka hanya terpilih untuk menjalankan tugasnya karena mereka dipromosikan atau mereka ahli dalam pekerjaannya. Ini merupakan masalah besar karena tidak ada lagi seseorang yang memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan.

    Peerilaku seperti itu merupakan perilaku yang tidak tepat karena seorang CEO harus terus belajar agar segera menanggapi perubahan pasar. Jika CEO tidak terus belajar dan hanya menunggu “perintah” orang lain, maka perusahaan akan kehilangan peluang untuk berkembang.

  • Kemampuan komunikasi dan investigasi

    Kemampuan dasar ini terdiri dari cara mengatur dan mengkomunikasikan visi sebuah perusahaan serta membangun tim eksekutif yang efektif. Ini sama pentingnya dengan meyakinkan para anggota tim untuk bertanggung jawab atas pencapaian target dan melatih mereka untuk mencapai target tersebut.mengenai apa yang terjadi di lingkungan perusahaan agar keputusan yang dihasilkan bisa sesuai dengan visi perusahaan.

  • CEO perlu belajar tentang kepemimpinan

    Jangan lupa untuk mengadakan day out dari kantor (misal: retret) setiap bulan untuk mengembangkan gaya kepemimpinan seorang CEO. Setiap acara ini memberikan kesempatan untuk mendengarkan berbagai pembicara yang ahli dan belajar dari mereka. Selain itu, acara tersebut juga memberikan CEO waktu untuk berinteraksi dengan bawahannya. Artinya, seorang CEO tidak hanya harus mampu berbagi pengalamannya dengan bawahannya, tetapi juga terpicu untuk mengembangkan kepribadiannya dengan mendengarkan saran dari bawahannya. Secara keseluruhan, mempunyai keinginan untuk terus belajar adalah kunci menjadi CEO yang efektif.

 

Referensi:
Everett, C. (2019, November 29). Why a good CEO needs to be constantly learning. Retrieved from https://www.raconteur.net/hr/role-ceo-learning