Menerapkan Total Reward untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

Manfaat Sistem Data Biometrik bagi Manajemen SDM
Mei 20, 2019
Menerapkan Ekonomi Perilaku dan Neuroekonomi dalam Perusahaan
Mei 27, 2019

Total reward adalah total imbalan yang mencakup segala sesuatu yang menurut karyawan bernilai karena hubungan kerja. Elemen-elemen yang membentuk paket total reward adalah hal-hal yang sudah ditawarkan oleh sebagian besar perusahaan: gaji pokok (upah per jam), opsi saham, asuransi kesehatan, tunjangan kesehatan gigi dan penglihatan, iuran pensiun, asuransi jiwa, cuti dibayar, dll. Termasuk juga tunjangan seperti bonus kinerja, pelatihan yang disponsori perusahaan, program kesehatan karyawan, opsi fleksibilitas tempat kerja, program diskon karyawan – hal-hal yang biasanya tidak termasuk dalam kompensasi atau tunjangan.

Perusahaan yang menerapkan total reward menikmati sejumlah manfaat, antara lain:

  • Alat rekrutmen persuasive.
  • Setelah perusahaan mengkuantifikasi nilai paket total rewardnya, mereka dapat menggunakannya untuk menunjukkan nilai paket tersebut kepada kandidat potensial.

  • Meningkatnya kesadaran akan semua tunjangan yang diberikan perusahaan.
  • Alasan mengapa karyawan tidak mengambil keuntungan dari tunjangan seringkali hanya karena mereka tidak tahu bahwa tunjangan itu ada. Program total reward membantu perusahaan mengkomunikasikan semua tunjangan yang tersedia untuk karyawan.

  • Tingkat retensi karyawan yang lebih tinggi.
  • Program total reward memungkinkan perusahaan untuk menghitung nilai dari setiap tunjangan individu, serta jumlah total yang dihabiskan untuk reward ini. Ketika karyawan melihat seberapa banyak perusahaan berinvestasi di dalamnya, di luar gaji mereka, itu bisa menjadi pengalaman yang sangat positif serta meningkatkan moral dan keterlibatan karyawan.

  • Peningkatan kinerja dan produktivitas.
  • Karyawan yang lebih terlibat bukan hanya karyawan yang loyal, tetapi juga lebih produktif. Program total reward telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja dan kepuasan karyawan secara keseluruhan.

Berikut cara menerapkan program total reward yang efektif:

  1. Membangun program total reward.
    • Secara umum, total reward dikelompokkan ke dalam salah satu kategori berikut: kompensasi, tunjangan, pengembangan dan lingkungan kerja.
    • Perusahaan harus bertujuan untuk menggabungkan reward dari masing-masing kategori ini dan memastikan bahwa program memiliki elemen yang menarik bagi seluruh karyawan, terlepas dari perbedaan generasi, senioritas, atau posisi.
    • Perusahaan juga harus menetapkan beberapa tujuan untuk program selama fase desain awal yang mencakup peningkatan tingkat partisipasi, meningkatkan kepuasan kerja karyawan, mengurangi pergantian karyawan, dll.
  1. Mengkomunikasikan program kepada karyawan.
    • Perusahaan harus berkomunikasi secara efektif sebagai prioritas utama peluncuran program. Komunikasi harus menyeluruh dan berkelanjutan, tetapi tidak berlebihan.
    • Perusahaan juga harus mengumumkan program secara langsung, baik selama rapat staf reguler atau dengan mengadakan pelatihan khusus untuk memperkenalkan program, dan kemudian menyoroti berbagai reward yang tersedia sepanjang tahun untuk menjaga program selalu diingat oleh karyawan.
  1. Total reward statement
    • Salah satu cara terbaik untuk mengkomunikasikan nilai program total reward adalah dengan membuat dan mendistribusikan pernyataan kompensasi total yang dipersonalisasi.
    • Biasanya dirancang agar terlihat seperti pernyataan bank atau potongan gaji, pernyataan ini menunjukkan biaya dari setiap tunjangan yang diberikan kepada karyawan sepanjang tahun, dikombinasikan dengan kompensasi tahunan karyawan.
  1. Mengevaluasi keberhasilan program.
    • Perusahaan hanya perlu mengukur hasil terhadap tujuan yang ditetapkan selama fase pembangunan. Sasaran spesifik yang ditetapkan akan menentukan instrumen atau alat apa yang dapat digunakan perusahaan untuk mengukur hasil tersebut.
    • Misalnya, jika tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan kerja, perusahaan dapat melakukan survei kepuasan kerja sebelum implementasi program pada akhir tahun.

 
 

Referensi:

https://www.gnapartners.com/article/total-rewards/

https://smallbusiness.chron.com/value-total-rewards-compensation-2584.html

https://www.naturalhr.com/total-reward/