MENENTUKAN KOMPENSASI BERDASARKAN 3P

MENGELOLA PELAKSANAAN KOMPENSASI DAN BENEFIT
Oktober 29, 2018
MEMBUAT PETA KOMPETENSI KARYAWAN
November 5, 2018

Kompensasi adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan tersebut pada perusahaan. Kompensasi bisa berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang telah diberikannya kepada perusahaan tempat ia bekerja. Cara menentukan kompensasi bisa berdasarkan konsep 3P yaitu sistem yang dirancang untuk membayar gaji sesuai dengan prestasi dan kinerja karyawan dalam rangka menciptakan keadilan dan dorongan dalam perusahaan untuk membantu setiap karyawan memaksimalkan kemampuannya dalam bekerja dan berkontribusi terhadap pengembangan perusahaan.

Konsep kompensasi berdasarkan 3P terdiri dari:

  1. Pay for Position (Bayar untuk posisi).

    Gaji berdasarkan posisi atau pekerjaan, membayar karyawan untuk pekerjaan yang ditugaskan terlepas dari keterampilan yang mereka miliki. Bayar untuk Posisi adalah struktur pembayaran yang lebih tradisional di mana setiap posisi diberi kisaran gaji berdasarkan tugas pekerjaan dan pembayaran didasarkan pada pendidikan dan senioritas. Kompensasi karyawan diatur berdasarkan kualifikasi, pendidikan, pelatihan & pengalaman.

    Bayar untuk Posisi memiliki dua kemungkinan yaitu:

    • Vertikal yaitu gaji seorang karyawan akan semakin besar ketika jabatannya semakin tinggi.
    • Horizontal yaitu dengan jabatan yang sama, posisi tertentu akan mendapatkan gaji yang lebih besar karena job value suatu divisi yang lebih tinggi daripada divisi lainnya. Misalnya gaji manajer pemasaran yang lebih besar daripada manajer keuangan.
  1. Pay for Person (Bayar untuk Orang).

    Orang dibayar berdasarkan keterampilan, pengetahuan dan kompetensi. Struktur kompensasi berdasarkan semua keterampilan yang telah disertifikasi terlepas dari apakah pekerjaan yang mereka lakukan membutuhkan semua atau hanya beberapa keterampilan khusus saja.

    Kenaikan gaji biasanya dikaitkan dengan tiga jenis keterampilan:

    • Keterampilan horizontal yang melibatkan perluasan keterampilan dalam hal berbagai tugas
    • Keterampilan vertikal yang melibatkan keterampilan memperoleh tingkat yang lebih tinggi
    • Ketrampilan yang mendalam melibatkan keterampilan tingkat tinggi di bidang-bidang khusus yang berkaitan dengan pekerjaan yang sama.

    Kompensasi berbasis keterampilan mendorong dan menghargai berbagai keterampilan sehingga karyawan menjadi lebih terampil, fleksibel dan berharga. Mempertimbangkan kemampuan dan pengalaman seseorang dalam menetapkan tingkat pembayaran yang adil dan kompetitif.

  1. Pay for Performance (Bayar untuk Kinerja).

    Pembayaran berbasis kinerja adalah sistem penghargaan keuangan untuk karyawan di mana sebagian atau semua kompensasi mereka terkait dengan bagaimana kinerja mereka dinilai terhadap kriteria yang ditetapkan.

    Kriteria untuk skema pembayaran terkait kinerja dapat didasarkan pada kinerja individu, kelompok atau campuran.

    Kriteria berdasarkan individu membutuhkan:

    • Penetapan tujuan individu
    • Sistem penilaian kinerja yang sesuai
    • Pelatihan individu untuk meningkatkan pengetahuan & keterampilan kerja
    • Individu harus memiliki kendali besar atas kinerjanya sendiri.

    Kriteria berdasarkan kelompok dilakukan saat kinerja individu sulit diukur atau saat ada kebutuhan untuk budaya perusahaan dalam mempromosikan nilai-nilai dan kerja sama tim.

 

Referensi:
http://brainmark.vn/service/3p-compensation-consulting/?lang=en
http://www.indianmba.com/Faculty_Column/FC481/fc481.html
https://www.slideshare.net/mobile/GaurangaMohanta/3-p-compensation-concept