MENDAPATKAN INVESTOR

SEMBILAN INDIKATOR EKOSISTEM STARTUP YANG BAIK
Desember 19, 2019
SOCIAL ENTREPRENEURSHIP
Desember 26, 2019

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan bahwa realisasi investasi periode triwulan II tahun 2019 mencapai Rp 200,5 triliun, meningkat sebesar 13,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018. Penanaman modal tersebut terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 95,6 triliun (naik 18,6%) dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 104,9 triliun (naik 9,6%) dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018.

Meskipun angka investasi di Indonesia memiliki tren positif, namun data menunjukkan bahwa 38,82% bisnis startup di Indonesia merasa keterbatasan modal merupakan problem utama yang dihadapi dalam mengembangkan bisnisnya. Hal ini terjadi karena sebagian besar investasi untuk bisnis startup didominasi oleh startup unicorn seperti Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia.

Mengapa kita memerlukan investor dalam berbisnis?

  1. Ekspansi bisnis

    Pengembangan bisnis memerlukan modal tambahan untuk berbagai keperluan seperti pemasaran, kantor, gudang inventaris baru, atau penambahan sumber daya manusia. Dengan memiliki dana tambahan dari para investor, perusahaan akan memiliki kesempatan untuk melakukan ekspansi bisnis karena semakin bisnis berkembang, semakin besar pula biaya operasional yang dibutuhkan.

  1. Menjaga arus kas

    Menjaga arus kas merupakan sebuah tantangan dan problem yang perlu ditangani dengan serius dalam kaitannya dengan membayar biaya operasional, gaji karyawan, serta berbagai tagihan. Dengan arus kas yang lancar, bisnis dapat berjalan dengan baik.

  1. Menambah inventaris usaha

    Apabila permintaan sedang naik dan kita kesulitan menambah volume produksi karena ketiadaan biaya, maka menggunakan modal tambahan dari investor dapat menjadi salah satu solusi yang tepat.

  1. Merawat dan menambah aset

    Penambahan dan perawatan aset akan menambah jumlah produksi. Untuk memenuhi hal tersebut, kita perlu menyediakan anggaran khusus. Menggunakan dana investor adalah opsi yang dapat dipertimbangkan.

Berikut adalah cara efektif untuk mendapat investor:

  1. Menggunakan platform penggalangan dana online

    Beberapa tahun terakhir banyak platform penggalangan dana online bermunculan. Platform ini menjadi sangat populer dan biasanya dijalankan dari situs peer-to-peer (P2P) lending yang menawarkan pinjaman bisnis kepada portal crowdfunding yang berbasis donasi, pinjaman, dan ekuitas.

  1. Mengikuti kompetisi bisnis

    Mengikuti pameran dan kompetisi dalam bidang bisnis juga merupakan salah satu cara untuk mencari investor dan mendapatkan modal karena akan ada banyak investor yang datang dan sering kali hadiah kompetisinya berupa modal usaha.

  1. Buat bisnis kita menarik untuk investor

    Cara agar bisnis kita dapat menarik perhatian investor dapat diawali dengan membuat proposal yang detail dan presentasi bisnis yang mudah dimengerti, tentunya didukung dengan desain yang menarik. Kemudian kita dapat membuat strategi, analisis risiko, serta laporan keuangan perusahaan yang rapi dan valid sehingga investor memiliki gambaran yang jelas mengenai prospek dan risiko bisnis kita ke depan.

 

Referensi:
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-4-alasan-mengapa-perlu-mencari-investor-untuk-modal-usaha/
https://koinworks.com/blog/7-hal-yang-membuat-investor-mau-berinvestasi-kepada-anda/
https://setkab.go.id/naik-137-realisasi-investasi-triwulan-ii-tahun-2019-tembus-rp200-triliun/
https://www.liputan6.com/tekno/read/3669041/startup-unicorn-lokal-masih-didominasi-investor-asing
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-6-cara-dahsyat-mencari-investor-untuk-modal-usaha/
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/080900626/7-cara-ini-bisa-diterapkan-startup-untuk-mendapatkan-investor?page=all