MEMBUAT DIRI LEBIH BERHARGA DI HADAPAN ATASAN

5 LANGKAH EFEKTIF UNTUK MEMPERKUAT BISNIS ANDA
Maret 26, 2018
HARUSKAH ANDA MENGATUR ULANG STRUKTUR ORGANISASI ANDA?
April 9, 2018

Merupakan sebuah fakta dalam bisnis bahwa semua orang membutuhkan orang lain dalam perusahaan untuk membuat dirinya sukses dan berkembang. Orang lain yang dimaksud dalam konteks ini bukan lain lagi adalah atasan langsung. Penting bagi semua orang untuk “memenangkan hati” dan membuat diri tampak lebih berharga di hadapan atasan langsung mereka untuk menunjang karier mereka dalam perusahaan. Berikut adalah cara-cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mencapai pandangan tersebut:

  1. Berusaha untuk memahami dan mendukung tujuannya
    Tanda kepedulian dan komitmen karyawan kepada atasannya adalah memahami dan mendukung tujuan sang atasan. Namun, tidak semua atasan akan terus terang mengatakan keinginan mereka kepada bawahannya. Maka dari itu, sering kali Anda harus menemukan sendiri tujuan atasan Anda. Dengan mengetahui dan bekerja untuk membantu atasan mencapai tujuan tersebut, maka atasan akan semakin mengapresiasi kehadiran dan pekerjaan Anda.
  1. Temukan cara berkomunikasi yang tepat dengan atasan
    Setiap atasan memiliki preferensi yang berbeda mengenai cara berkomunikasi. Beberapa atasan memilih komunikasi secara detail diikuti dengan pemberian update yang rutin, sedangkan lainnya tidak begitu detail dengan komunikasi. Jangan segan untuk bertanya mengenai jenis dan frekuensi detail seperti apa yang diharapkan oleh atasan kepada Anda.
  1. Berikan rencana dan rekomendasi kepada atasan
    Perkataan yang merusak kredibilitas Anda di hadapan atasan adalah “Apa yang sebaiknya saya lakukan?” Hindari mengatakan hal tersebut kepada atasan Anda. Sebaliknya, masuklah ke dalam ruangan atasan Anda dengan berbagai rencana dan rekomendasi. Selalu siapkan juga diri Anda untuk mendukung alasan di balik rencana dan rekomendasi tersebut di hadapan atasan Anda untuk mendapatkan kepercayaannya.
  1. Tunjukkan hasil kerja Anda tanpa bersikap sombong
    Seorang pekerja profesional memahami cara yang tepat untuk menunjukkan hasil kerja mereka tanpa menyombongkan diri. Selalu tunjukkan hasil kerja Anda dengan rendah hati, karena kerendahan hati dapat membantu membangun kredibilitas kerja Anda di hadapan orang lain. Jangan lupa juga untuk menyebutkan siapa saja yang membantu Anda mencapai hasil kerja Anda yang baik tersebut.
  1. Kembangkan reputasi Anda sebagai seorang pemimpin
    Pandangan terbaik yang dapat dimiliki atasan kepada bawahannya adalah kemampuan untuk memimpin dan mengembangkan talenta koleganya. Kembangkan reputasi Anda sebagai seorang pemimpin di hadapan atasan Anda untuk meningkatkan kemungkinan promosi dan kenaikan jabatan.

Pada akhirnya, atasan langsung adalah sosok yang akan membantu mengembangkan karier dan kesuksesan Anda dalam perusahaan. Bangunlah hubungan profesional dan personal yang baik dengan atasan Anda melalui hasil pekerjaan Anda dan memberikan feedback yang baik kepada atasan Anda. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka kredibilitas Anda pun akan tampak lebih berharga di hadapan atasan sehingga meningkatkan kemungkinan promosi Anda dalam perusahaan.