MEMBENTUK PEMIMPIN DARI DALAM

EMPLOYER BRANDING & RECRUITMENT
Januari 22, 2018
EMPLOYEE ENGAGEMENT DALAM TEORI MASLOW
Februari 5, 2018

Selama beberapa tahun terakhir ini, banyak perusahaan besar di Indonesia lebih memilih untuk mencangkok para eksekutif mudanya dari luar perusahaan karena adanya anggapan bahwa talent internal suka berpindah-pindah perusahaan untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi atau memilih untuk memulai bisnis mereka sendiri.

Mendatangkan pemimpin baru dari luar memang dapat membawa benefit tersendiri, yaitu ketika perusahaan mengalami masalah yang besar dan membutuhkan solusi dan persepsi orang luar, atau ketika perusahaan besar melakukan merger dengan perusahaan besar lainnya. Namun, pemimpin baru dari luar tidak selalu menjamin dapat memberikan kontribusi dan loyalitas yang sepadan. Selain itu, pemimpin dari luar juga belum tentu cocok dengan budaya perusahaan sehingga dapat menyebabkan konflik daripada sinergi.

Keuntungan membentuk pemimpin dari dalam

Selain lebih murah dibandingkan merekrut pemimpin dari luar, pengalaman manajemen menunjukkan bahwa pemimpin dari dalam lebih memahami budaya serta visi dan misi perusahaan. Pemimpin dari dalam memperbesar peluang untuk melestarikan dan memperkokoh budaya perusahaan. Selain itu, pemimpin dari dalam juga cenderung lebih loyal dan tidak perhitungan terhadap perusahaan. Berbagai perusahaan besar di Cina, Jepang, dan Korea Selatan juga lebih memilih untuk membangun pemimpin dari dalam dan hal ini pun dibuktikan oleh kesuksesan perusahaan-perusahaan tersebut hingga saat ini.

Perlu ada serangkaian pelatihan khusus untuk membentuk pemimpin dari dalam

Perlu diadakan serangkaian pelatihan khusus untuk membentuk pemimpin dari dalam yang berkualitas. FIF Group adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang menyadari pentingnya kemampuan perusahaan membangun sosok pemimpin dari dalam. Dalam membangun sosok calon pemimpinnya, FIF Group memberikan 4 pelatihan khusus, yaitu Employee Orientation Program, Development Program, Update Training, dan General Leadership Program.

FIF Group menetapkan 3 karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu Caring, Competent, dan Inspiring. Karakter Caring dibentuk melalui sesi coaching pemimpin terhadap bawahan, Competent dengan menjadikan pemimpin sebagai coach dalam berbagai pelatihan, dan Inspiring dengan mengadakan Inspiring Leader Award.

 

Apakah yang menarik dari pembentukan pemimpin dalam FIF Group?

Bukannya merahasiakan apabila seorang karyawan termasuk dalam kandidat pemimpin berbakat seperti perusahaan lain, FIF Group justru menginformasikan kepada para kandidat dan memasukkan mereka ke dalam sebuah komunitas khusus.

Berbagai perlakuan khusus juga diberikan kepada para kandidat pemimpin berbakat, seperti memberikan hadiah ulang tahun dan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan para karyawan lain dalam posisi yang relatif sama. Selain itu, para kandidat juga mendapatkan sesi makan siang dan dialog langsung dengan sang CEO perusahaan. Dengan mengadakan serangkaian program ini, mayoritas kandidat promosi berasal dari karyawan internal perusahaan, dengan jumlah mencapai 99,62%.

Leadership Development pada akhirnya menjadi sebuah strategi yang penting bagi perusahaan karena menggunakan employee life cycle model untuk membuat jalur suksesi kepemimpinan yang nantinya melanjutkan jabatan kritis di perusahaan. Leadership Development dapat digunakan sebagai komponen kunci strategi bisnis yang efektif di dalam kondisi ekonomi saat ini untuk mendapatkan orang-orang hebat dalam menjalankan organisasi hebat.