MEMBANGUN KESUKSESAN BISNIS DENGAN MANAJEMEN STRATEGIS YANG EFEKTIF

FORMULA PENETAPAN DAN PENCAPAIAN TUJUAN PERSONAL
Mei 14, 2018
4 HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM EMPLOYEE TRAINING
Mei 28, 2018

Strategi merupakan rencana jangka panjang yang mencakup sasaran dan tujuan yang Anda buat bagi perusahaan untuk mencapai impian Anda di masa mendatang. Strategi akan terlaksana dengan baik ketika semua asumsi telah divalidasi dan diuji keakuratannya, serta keputusan yang Anda buat dapat disajikan dengan fakta dan bukti yang jelas. Alokasikan dan optimalkan sumber daya yang ada untuk mencapai hasil di atas rata-rata dalam bisnis Anda. Ada sembilan poin utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak mengembangkan strategi perusahaan, yaitu meliputi:

  1. Tujuan jangka panjang yang jelas: Persiapkan rencana strategis jangka panjang yang realistis. Seperti jenis produk / layanan apa yang ingin Anda buat? Siapakah calon pelanggan Anda? Kegiatan apa yang ingin Anda teruskan untuk mencapai keadaan masa depan yang Anda inginkan?
  1. Peluang: Buatlah analisa mengenai peluang apa yang ada di masa mendatang dan bagaimana peluang itu berkembang dari waktu ke waktu. Kumpulkan lebih banyak data dan fakta yang terkait dengan peluang tersebut sebelum menyelesaikan segala keputusan.
  1. Inovasi: Buatlah diferensiasi yang jelas terhadap produk dan layanan yang Anda rencanakan sehingga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.
  1. Persaingan: Pastikan bahwa strategi Anda tetap kompetitif. Pilih market yang belum dilayani atau memiliki sedikit kompetitor sehingga perusahaan Anda bisa jadi yang pertama dan dikenal oleh masyarakat luas.
  1. Skala ekonomi: Turunkan biaya barang atau jasa perusahaan Anda namun tetap inovatif untuk menawarkan fitur unik dan layanan pelanggan berkualitas tinggi.
  1. Optimasi biaya: Anda perlu mengevaluasi opsi terkait memproduksi dan membeli produk atau layanan yang Anda rencanakan untuk ditawarkan pada pelanggan. Pilih pertimbangan yang tepat antara memproduksi sendiri barang atau jasa dibanding membeli barang atau jasa melalui vendor pihak ketiga.
  1. Pengujian: Secara berkala tinjau dan perbarui strategi Anda untuk memastikan bahwa hal tersebut berlaku setiap saat dan memenuhi tujuan dan kebutuhan pasar perusahaan Anda.
  1. Risiko dan kegagalan: Pikirkan juga mengenai risiko dalam rencana Anda dan biarkan perusahaan Anda menerima kegagalan sebagai pengalaman atau pelajaran untuk meningkatkan keberhasilan di masa depan.
  1. Stakeholders: Setelah perencanaan Anda berhasil dirancang, bagikan kepada karyawan di perusahaan Anda untuk memberi mereka panduan dan penalaran tentang inisiatif yang akan dilakukan di dalam perusahaan. Siapkan juga rencana terpisah untuk dibagikan kepada investor, mitra, pemasok, analis industri, dan pelanggan Anda. Beri informasi tentang apa yang Anda lakukan beserta alasannya, serta bagaimana rencana tersebut memengaruhi perkiraan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan dan memengaruhi nilai pemegang saham.

Berdasarkan sembilan poin di atas, sudahkah Anda mempersiapkan perusahaan Anda untuk tampil dengan performa yang lebih baik dibanding para kompetitor?  Segera kembangkan strategi kompetitif yang solid bagi bisnis Anda untuk meraih laba di atas rata-rata serta kesuksesan yang lebih optimal.