MEMBANGUN BUDAYA WIRAUSAHA DALAM PERUSAHAAN

REINVENTING PERFORMANCE MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN
Februari 7, 2019
TIPS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME DALAM BISNIS
Februari 14, 2019

Budaya wirausaha (entrepreneurial culture) dalam perusahaan adalah budaya yang menghargai inovasi dan mendorong pengambilan risiko. Pemilik bisnis memberi karyawannya kelonggaran untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Perusahaan dengan budaya wirausaha akan dapat beradaptasi pada perubahan dan aktif mengejar peluang baru di pasar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menciptakan budaya wirausaha dalam perusahaan:

  • Merekrut karyawan yang berambisi tinggi

    Orang-orang dengan ambisi tinggi cenderung haus pengalaman dan melihat peluang di pasar yang tidak dilihat orang lain.

  • Membuat karyawan merasa seperti rekan

    Berikan semua orang di perusahaan kesetaraan dan motivasi mereka untuk melihat perusahaan sebagai perusahaan mereka sendiri.

  • Mendorong dan memberdayakan karyawan

    Berdayakan karyawan dengan tanggung jawab lebih dan dorong mereka untuk membuat keputusan sendiri. Berikan penghargaan pada mereka jika membuat keputusan yang bagus dan gunakan kesalahan mereka sebagai pelajaran.

  • Terbuka pada kegagalan-kegagalan kecil

    Buat lingkungan dimana karyawan merasa bahwa tidak masalah membuat kesalahan kecil dalam perjalanan menuju sukses. Jika mereka takut untuk membuat kesalahan maka perusahaan tidak akan tumbuh dengan cepat.

  • Memimpin dengan contoh

    Berikan contoh pada karyawan, buatlah keputusan dan ambillah risiko. Jika salah satunya gagal, maka bukanlah masalah. Tunjukkan hal tersebut pada karyawan Anda. Cara agar karyawan Anda berani mengambil risiko adalah jika mereka tahu bahwa kegagalan tidak akan dilihat sebagai hal yang buruk.

  • Berikan karyawan hak untuk berpendapat

    Dengan memberikan karyawan hak berpendapat, mendengarkan ide mereka, dan mengimplementasikannya, Anda akan mendorong budaya wirausaha. Melihat mereka sebagai bagian yang penting dari perusahaan akan memberikan mereka kebanggaan.

  • Berikan karyawan rasa memiliki

    Berikan karyawan rasa memiliki pada sebuah proyek dan ikuti rekomendasi mereka. Jadikan mereka “guru” pada sesi latihan pengembangan untuk menumbuhkan pemikiran wirausaha.

  • Minta rekomendasi pada karyawan

    Ketika seorang anggota tim memberikan informasi, tanyakan pada yang lain apa pendapat mereka. Hal ini akan menumbuhkan budaya berpikir lebih jauh dan budaya wirausaha.

  • Ciptakan budaya membimbing

    Dalam sebuah lingkungan bisnis selalu ada orang yang menonjol dengan bakat dan kemampuan tertentu. Semangat sesungguhnya dari wirausaha terlihat pada kesanggupan untuk membagi kemampuan mereka dan membantu yang lain tumbuh.

  • Identifikasi dan tumbuhkan keterampilan nonteknis

    Keterampilan nonteknis adalah keterampilan penting dalam dunia bisnis yang kadang dilupakan, seperti komunikasi yang baik, berempati, menyelesaikan konflik, dan negosiasi. Dunia bisnis tidak selalu kaku. Kepemimpinan yang baik membutuhkan keterampilan nonteknis.

  • Ciptakan lingkungan yang memungkinkan persilangan fungsi

    Dorong karyawan untuk memiliki kemampuan dan mencoba bidang di luar fungsi mereka. Persilangan fungsi dapat terjadi saat mereka disatukan dalam tim dengan orang-orang dari bidang yang berbeda yang mendorong mereka berkolaborasi, berkoordinasi, dan berbagi ide.

  • Buat karyawan memiliki inisiatif dan menyelesaikan masalah sendiri

    Untuk membangun budaya wirausaha dibutuhkan orang-orang yang memiliki inisiatif dan bisa menyelesaikan berbagai hal.

 

Referensi:
https://www.business.com/articles/12-ways-foster-entrepreneurial-culture/
https://www.lcibs.co.uk/entrepreneurship-business/
https://online.jefferson.edu/human-resources/5-types-corporate-culture/
https://www.businessinsider.com/building-an-entrepreneurial-culture-2011-8/?IR=T