MEMAKSIMALKAN LABA DENGAN ANALISIS SWOT

TUJUAN VISI DAN MISI DALAM PERENCANAAN STRATEGIS
Agustus 3, 2020
ANALISIS GAP
Agustus 10, 2020

Kesuksesan menjalankan bisnis bergantung pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Laba bisnis adalah salah satu faktor yang menarik investor untuk mendanai operasi bisnis dan menumbuhkan perusahaan tersebut. Laba yang dihasilkan juga memberi kesempatan untuk melebarkan wilayah bisnis perusahaan, mengakuisisi bisnis lain, dan menyasar pasar lain. Oleh karena itu, memahami manajemen laba perusahaan dan mengembangkan strategi agar perusahaan memiliki kesempatan yang baik untuk menghasilkan laba merupakan prioritas utama.

Perusahaan pada umunya gagal mengembangkan strategi untuk memperoleh laba karena tidak menggunakan sumber daya secara efisien. Mereka juga tidak memahami lingkungan eksternal seperti kondisi pasar dan munculnya para pesaing. Untuk memperoleh laba dengan efektif, Anda dapat menggunakan analisis SWOT sebagai langkah strategis perusahaan. Analisis SWOT adalah suatu metode pembuatan strategi dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan sehingga perusahaan mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dibandingkan pesaing serta kesempatan dan ancaman yang harus diantisipasi.

Langkah-langkah analisisnya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan analisis SWOT

    Lakukanlah analisis internal dan eksternal perusahaan dengan mendiskusikan bersama tim untuk mendapat gambaran yang menyeluruh. Analisis ini mempermudah Anda menyusun strategi dalam meningkatkan laba perusahaan. Dari analisis SWOT yang telah terbentuk, kita bisa menyusun strategi, ukuran keberhasilan, dan inisiatif penting untuk mencapai sasaran organisasi.

  1. Mendesain proses bisnis

    Setelah strategi bisnis mulai tersusun, langkah berikutnya adalah mendesain baru atau mendesain ulang proses bisnis secara efektif dan efisien. Proses bisnis yang terdesain relevan dengan strategi akan menghasilkan operasi perusahaan yang selaras dan berdaya guna.

  1. Mengukur hasil

    Untuk mengetahui apakah sasaran strategi kita sudah tercapai atau tidak, biasanya manajemen menggunakan Key Performance Indicators (KPI) sebagai ukuran keberhasilan yang mendefinisikan kinerja. Dari operasionalisasi KPI, kita akan mendapatkan data dan informasi kinerja strategik atau operasional. Gunakanlah data yang tersedia – terutama data finansial untuk mengetahui kinerja keuangan. Dari data dan informasi kinerja keuangan, kita akan menelusuri informasi lain, apakah dari sisi operasional atau lainnya, untuk mendapatkan kepastian perolehan laba secara maksimal. Dari sana, kita membuat berbagai inisiatif penting untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja operasional dalam mendukung kinerja keuangan, khususnya laba.

 

Referensi:
Johnson, Rose. “What Are the Benefits of Making a Profit?” Small Business – Chron.com, Chron.com, 6 Mar. 2019, smallbusiness.chron.com/benefits-making-profit-38877.html.
Thompson, D. M., Thompson, D. M., & Thompson, D. M. (n.d.). A SWOT Analysis Can Boost Your Profits. Retrieved from https://www.business2community.com/strategy/swot-analysis-can-boost-profits-0683954