MANFAAT CORPORATE WELLNESS INITIATIVE BAGI ORGANISASI

MEMENANGKAN TALENT MELALUI EMPLOYEE VALUE PROPOSITIONS
Maret 18, 2019
PENTINGNYA KARYAWAN MEMILIKI DATA ANALYTICS SKILL BAGI PERUSAHAAN
Maret 25, 2019

Corporate Wellness Initiative (CWI) adalah sebuah inisiatif organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja di dalamnya. CWI seringkali menjadi bagian dari employer branding. CWI menawarkan benefit yang lebih dari pada sekedar gaji bulanan. Hal ini membuat organisasi menjadi lebih menarik di mata para pencari kerja.

CWI mencakup banyak aspek dari kehidupan para pekerja dalam sebuah organisasi, antara lain:

  • Jam kerja

    Tingkat fleksibilitas jam kerja sebuah organisasi memang akan selalu dikaitkan dengan benefit para pekerja di dalamnya. Semakin fleksibel maka akan semakin mengurangi beban mental para pekerjanya.

  • Waktu libur

    Semakin banyak organisasi, terutama di benua barat, mempromosikan pekerjaan dengan waktu libur (day-off) yang jauh lebih banyak dari organisasi bisnis pada umumnya.

  • Pendidikan dan kursus

    Beberapa organisasi besar benar-benar serius dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup pekerjanya, terutama dalam bidang pendidikan. Beberapa pekerja dengan sejarah kerja yang cukup panjang, dan bersedia dikontrak di masa yang akan datang akan dibiayai untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

  • Kesehatan

    Tentu saja kesehatan menjadi aspek penting dalam kehidupan setiap orang. Banyak pekerja yang merasa bahwa untuk memiliki kesehatan yang baik memerlukan biaya yang tidak sedikit. CWI juga mendorong organisasi untuk meningkatkan kesehatan para pekerja mereka dengan membiayai fasilitas gym membership, program-program olahraga bersama di akhir minggu, maupun makanan dan snack yang sehat di area kantor.

 

Beberapa organisasi besar seperti Google, Zappos, dan Microsoft juga turut melakukan program CWI untuk para pekerjanya. Google memiliki snack dan makanan sehat yang tidak terbatas jumlahnya untuk para pekerja, dan performa Google pun dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Zappos, salah satu retailer sepatu terbesar dunia, juga menyediakan pelatih kesehatan untuk para pekerjanya. Zappos pun berhasil beberapa kali memperoleh urutan tertinggi dalam kepuasan pelanggan. Microsoft juga memiliki program CWI yang tidak biasa, yaitu mengajak para pekerjanya berdonasi untuk organisasi non-profit yang bergerak di bidang kemanusiaan. Terbukti, hal itu meningkatkan employee engagement di dalam Microsoft.

Adapun manfaat yang dapat dirasakan organisasi ketika melakukan program CWI adalah:

  • Pertumbuhan organisasi

    Pada dasarnya, program CWI memiliki prinsip bahwa setiap ada peningkatan job satisfaction para pekerja maka akan ada peningkatan produktivitas. Tentu saja peningkatan produktivitas akan berdampak positif pada pertumbuhan organisasi.

  • Mengurangi biaya kesehatan pekerja

    Terkadang organisasi mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk kesehatan para pekerjanya. Biaya ini ternyata berasal bukan dari pencegahan penyakit, tapi justru datang dari ketika para pekerjanya jatuh sakit. Dengan prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati, CWI akan memberikan benefit lebih pada sebuah organisasi.

  • Mempromosikan bahwa organisasi benar-benar peduli terhadap kesejahteraan pekerja

    Sudah jelas ketika organisasi melakukan program CWI maka organisasi tersebut benar-benar peduli pada kesejahteraan para pekerjanya, dan ini akan menjadi sarana promosi pasif bagi organisasi tersebut

  • Meningkatkan ranking organisasi di mata publik

    Dalam 5 tahun terakhir, sangat banyak institusi survei yang mengadakan penghargaan untuk organisasi-organisasi yang menjadi tempat kerja terbaik dalam beberapa industri. Tentu saja akan ada ranking atau urutan yang diberikan pada setiap organisasi yang memiliki banyak pekerja. Hasil survei dari para pekerja tidak akan pernah berbohong mengenai apa yang terjadi di dalam organisasi.

 

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/alankohll/2018/12/12/7-employee-wellness-trends-and-opportunities-for-2019/#694cb0ff34d5
https://medium.com/@ManagedbyQ/six-easy-to-implement-workplace-wellness-programs-9ebc00b11302
http://cbgbenefits.com/expanding-your-workplace-wellness-program-initiatives