LINGKUNGAN KERJA YANG PRODUKTIF BAGI KARYAWAN

TAKSONOMI BLOOM DALAM MENETAPKAN TUJUAN PELATIHAN
Oktober 4, 2018
PROGRAM MENTORING
Oktober 11, 2018

Lingkungan kerja dan budaya kerja yang produktif adalah sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan oleh pengusaha agar karyawan menjadi lebih termotivasi dan meningkatkan produktivitas kerja. Beberapa faktor yang dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja adalah:

  1. Akuntabilitas

    Setiap karyawan harus menyadari bahwa dia bertanggung jawab atas tindakan dan keputusannya, dan dia tidak bisa menyalahkan orang lain. Hal ini akan membantunya bekerja lebih teliti dan berhati-hati.

  1. Mempercayai karyawan

    Karyawan harus diberi kepercayaan dan kebebasan untuk beroperasi dalam gaya mereka serta mengadopsi langkah-langkah yang menurut mereka adalah yang terbaik untuk memberikan hasil positip bagi perusahaan.

  1. Memotivasi dan menghargai

    Pengusaha harus selalu memotivasi karyawan untuk maju dan bekerja lebih baik. Menghargai kerja keras yang dilakukan oleh karyawan membuat mereka bekerja lebih produktif.

  1. Memperhatikan karyawan

    Setiap karyawan senang memiliki manajemen yang mau mendengarkan dan membantu mengatasi masalah mereka. Hal ini membantu pengusaha untuk memiliki karyawan yang hangat kepadanya dan merasa senang bekerja untuknya.

  1. Menuntut target yang realistis

    Pengusaha perlu menetapkan tujuan realistis yang berada dalam batas pencapaian sesuai dengan kapasitas perusahaan dan kompetensi karyawan.

  1. Kerja tim

    Kerja tim selalu membantu dalam meningkatkan produktivitas di tempat kerja karena ada lebih banyak ide dan pikiran di tempat kerja. Membangun tim yang sukses dan bekerja sama pasti akan memunculkan potensi terbaik dari karyawan.

  1. Rotasi karyawan

    Pekerjaan yang monoton dapat membuat karyawan bosan meskipun sesuai dengan kompetensi inti mereka. Hal ini dapat diatasi dengan rotasi dan memberi tugas baru ke divisi lain yang dapat menambah ketrampilan mereka.

  1. Kursus dan opsi perbaikan

    Karyawan merasa senang ketika mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka dan mendapatkan kesempatan belajar tambahan yang disponsori oleh pengusaha. Hal ini dapat membantu mereka belajar, merasa berhutang budi, menambah resume mereka dan berkewajiban untuk bekerja lebih baik.

  1. Peralatan untuk meningkatkan produktivitas

    Tempat kerja harus memiliki mesin dan peralatan terbaik yang menghasilkan kinerja yang cepat dan akurat. Peralatan elektronik yang efisien tanpa masalah konektivitas dan kerusakan akan membantu menghemat waktu yang berharga.

  1. Membuat Suasana Ruangan yang Nyaman

    Ciptakan suasana kerja yang nyaman dengan menata letak komputer, meja, kursi, dan peralatan lain dengan rapi. Dengan penataan ulang, suasana kantor akan terasa berbeda dan membuat kinerja karyawan semakin produktif.

 

Referensi:
https://tweakyourbiz.com/growth/12-ways-to-improve-productivity-at-the-workplace