KENALI SERTA KELOLA KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DIRI ANDA

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YANG PRODUKTIF DAN MENYENANGKAN
Juli 16, 2018
WAWANCARA KERJA YANG OPTIMAL DENGAN METODE STAR
Juli 26, 2018

Kita cenderung merasa lebih superior atau inferior terhadap orang lain berdasarkan kelebihan dan kelemahan mereka. Penting untuk mengetahui kapasitas diri yang Anda miliki. Kelebihan kita adalah hal-hal yang dapat kita manfaatkan untuk mendorong diri berkembang lebih jauh. Sedangkan kelemahan merupakan hal yang perlu kita tingkatkan.

Jangan mencoba memperbaiki atau menyingkirkan kelemahan Anda. Itu tidak akan berhasil. Sebaliknya, bekerjalah di sekitar kelemahan Anda. Temukan cara di mana mereka tidak menghalangi jalan Anda. Misalnya jika perusahaan tempat Anda  bekerja akan menggelar suatu acara dan Anda tahu bahwa Anda tidak kreatif dalam mendesain poster, namun Anda sangat baik dalam berkoordinasi, maka gunakanlah kelebihan Anda untuk berkoordinasi dengan mereka yang mampu mendesain poster.

Ada banyak hal baik yang dapat Anda capai jika Anda tahu potensi sejati Anda. Berikut ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengenali serta mengelola kelebihan dan kelemahan diri Anda:

  1. Buatlah daftar tentang kelebihan dan kelemahan diri Anda

    Sebelum Anda menggunakan bantuan orang lain untuk membantu mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan Anda, coba luangkan waktu sekitar 30 menit untuk membuat daftar mengenai kelebihan dan kelemahan Anda. Anda harus jujur tentang diri Anda, isilah salah satu kolom yang lebih mudah untuk diisi. Untuk membantu Anda memikirkan apa yang harus dimasukkan dalam kelebihan dan kelemahan Anda, cobalah tanyakan pada diri sendiri pertanyaan seperti:

  1. Apa yang saya kuasai?
  2. Apa yang dipuji orang lain tentang saya?
  3. Apa yang orang lain harus bantu saya di lebih dari satu kesempatan?
  4. Proyek dan tugas apa yang tampaknya menguras energi saya?
  5. Proyek mana yang saya habiskan berjam-jam tanpa lelah?
  6. Apa hobi saya, dan mengapa saya suka melakukannya?
  1. Bicaralah dengan orang yang Anda percaya

    Setelah Anda membuat daftar tersebut berdasarkan pendapat Anda, cobalah untuk bicara pada tiga hingga lima orang yang dapat Anda percaya, dan yang memiliki kesempatan untuk hidup atau bekerja dengan Anda dalam jangka waktu yang panjang. Pilih dengan hati-hati orang-orang yang memiliki track record baik untuk menjadi seimbang dan membantu, bahkan sekalipun jika mereka perlu memberi tahu Anda sesuatu yang tidak ingin Anda dengar. Penting untuk Anda menghargai dan mempercayai pendapat mereka mengenai diri Anda.

  1. Cobalah hal-hal baru

    Satu masalah saat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan muncul ketika Anda tidak memiliki banyak pengalaman. Dalam beberapa kasus, coba perhatikan daftar kelemahan Anda, sebagian besar hal yang Anda kategorikan dalam kelemahan terjadi karena Anda belum pernah mencobanya. Contohnya, bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki kemampuan atletik atau artistik jika Anda belum pernah mencoba melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan atletik atau artistik?

Bila Anda sudah mengenali diri sendiri, tentu Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan yang tepat. Dengan mengetahui berbagai potensi yang ada, Anda dapat mengoptimalkannya untuk kesuksesan karir maupun berbagai aspek kehidupan, serta juga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain dengan kelemahan kita. Kelemahan dapat menjadi titik awal kebangkitan kita dalam meraih kesuksesan jika kita terus mengembangkannya bersama dengan kekuatan kita.