KELEBIHAN BALANCED SCORECARD

PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN PADA BALANCED SCORECARD
September 17, 2020
TIPS MEMBANGUN BALANCED SCORECARD YANG SEIMBANG
September 24, 2020

Setelah mengikuti artikel sebelumnya, Anda mungkin dapat lebih memahami fungsi Balanced Scorecard (BSC) sebagai alat pencapaian objektif dan metrik kinerja manajemen strategis. Riset Khozein (2012) yang berjudul Balanced Scorecard Should be an Attention in Organizations telah membuktikan bahwa organisasi yang menggunakan pendekatan dengan BSC cenderung mengungguli organisasi yang tidak memilki pendekatan manajemen kinerja strategis.

Berikut adalah kelebihan menggunakan Balance Scorecard:

  1. Perencanaan strategis yang lebih baik

    Balance Scorecard menyediakan framework yang kuat untuk membangun dan mengkomunikasikan strategi. Model bisnis divisualisasikan dalam peta strategis yang membantu manajer untuk berpikir tentang hubungan “sebab dan akibat” dengan objektif strategis yang berbeda. Ini artinya hasil kinerja dan pemicu untuk kinerja masa depan dapat diidentifikasi untuk membentuk gambaran komplit strategi tersebut.

  1. Peningkatan strategi komunikasi dan eksekusi

    Mempunyai peta atau gambaran mengenai strategi memudahkan perusahaan untuk mengkomunikasikan strateginya secara eksternal dan internal dengan mudah. Hal ini berhubungan dengan pepatah yang sering kali didengar, yaitu “sebuah gambar bermakna seribu kata”. “Rencana dalam gambar” ini memfasilitasi pengertian strategi, membantu karyawan dan stakeholder eksternal untuk ikut terlibat dalam penyampaian dan pengulasan strategi. Sulit bagi orang untuk mengeksekusi strategi yang mereka sendiri tidak paham sepenuhnya, jadi gambar tersebut membantu untuk meningkatkan pemahaman bagi pihak yang terlibat.

  1. Informasi manajemen yang lebih baik

    Pendekatan dengan Balance Scorecard membantu organisasi untuk mendesain indikator kinerja utama yang mengukur hal penting bagi perusahaan. Riset dari Bernard Marr menunjukkan bahwa perusahaan yang menggunakan Balanced Scorecard cenderung memberi hasil yang lebih tinggi pada kualitas informasi manajemen dan pembuatan keputusan yang lebih baik.

  1. Laporan kinerja yang meningkat

    Balance Scorecard bisa digunakan untuk panduan desain laporan dan papan pedoman kinerja. Ini memastikan bahwa pelaporan manajemen berfokus pada hal yang tertunda dalam masalah strategis dan membantu perusahaan untuk memantau eksekusi dari rencana mereka.

  1. Penyelarasan organisasi yang lebih baik

    Balance Scorecard membantu perusahaan untuk menyelaraskan struktur organisasinya dengan objektif strategis yang telah dibentuk. Dalam mengeksekusi rencana dengan baik, organisasi harus memastikan bahwa seluruh unit bisnis dan fungsi dukungan sedang bekerja pada tujuan yang sama. Menerapkan Balance Scorecard kepada semua unit akan membantu perusahaan tersebut mencapai keselarasan strategi dengan kegiatan operasionalnya.

 

Referensi:
Khozein, Ali. (2012). Balanced Scorecard Should be Attention in Organizations. International Journal of Research in Management. 2(1). Retrieved from https://rspublication.com/ijrm/jan-12%20pdf/4.pdf
Marr, B. (2020). 7 Benefits of a Balanced Scorecard. Retrieved from https://www.bernardmarr.com/default.asp?contentID=972