KARAKTERISTIK PEMIMPIN YANG SUKSES DALAM MEMBENTUK ORGANISASI

PENTINGNYA MEMBANGUN CUSTOMER FOCUS DALAM PERUSAHAAN
November 7, 2019
MENUMBUHKAN BUDAYA INTEGRITAS DALAM PERUSAHAAN
November 14, 2019

Kunci sukses di balik organisasi adalah pemimpin. Pemimpin harus tahu kapan mengambil peluang dan bagaimana mengumpulkan karyawan untuk bekerja keras mencapai tujuan perusahaan. Beberapa pemimpin dicari berdasarkan hardskills yang dimiliki, tetapi kenyataannya, sebagian besar sifat kepemimpinan yang berupa softskills-lah yang akan membentuk kesuksesan organisasi. Softskill ini dapat dipelajari dan dipertajam berdasarkan pengalaman dan latihan. Menurut data dari State of Leadership Development (2015), 84% organisasi mengantisipasi kekurangan jumlah pemimpin yang berkualitas selama lima tahun ke depan. Para pemimpin sangat perlu membangun kesuksesan dengan mengembangkan karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin yang hebat dan sukses.

 

Berikut 11 karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang sukses dalam membentuk organisasi:

  1. Self Managing

    Sulit untuk mengelola orang lain secara efektif jika Anda tidak dapat mengelola diri sendiri. Self managing berarti mampu memprioritaskan tujuan Anda dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai pemimpin yang efektif, Anda harus dapat mengatur waktu, perhatian, dan emosi, sambil tetap sadar akan kekuatan dan kelemahan Anda.

  1. Bertindak Strategis

    Menurut laporan Harvard Business Publishing, “Para pemimpin harus selalu siap untuk menyesuaikan strategi mereka dalam menangkap peluang yang muncul atau mengatasi tantangan yang tidak terduga.” Berpikir secara strategis adalah proses berkelanjutan yang melibatkan penilaian terhadap lingkungan bisnis Anda.

  1. Menjadi Komunikator yang Efektif

    Para pemimpin yang hebat tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Mereka adalah komunikator yang efektif dan mampu menjelaskan dengan lengkap dan ringkas kepada karyawan mereka, mulai dari tujuan organisasi hingga tugas tertentu. Jika orang tidak memahami harapan Anda, maka mereka akan gagal dalam melaksanakan tugasnya. Semakin spesifik Anda, semakin baik.

  1. Menjadi Akuntabel dan Bertanggung Jawab

    Pemimpin akan menghargai pentingnya mendukung dan mendorong individualitas, serta memahami struktur organisasi dan kebutuhan untuk mengikuti aturan dan kebijakan. Mereka mampu menyeimbangkan berbagai perspektif seraya mengambil tindakan yang tepat.

  1. Menetapkan Sasaran yang Jelas

    Jika Anda memancarkan antusiasme dan benar-benar bersemangat dengan apa yang Anda lakukan, maka orang-orang akan secara alami tertarik kepada Anda. Ingatlah bahwa menuliskan sasaran Anda adalah kunci keberhasilan Anda dan perusahaan Anda. Tetapi, untuk mencapai sasaran itu membutuhkan waktu. Jika Anda menyerah, maka semua orang di sekitar Anda juga akan menyerah.

  2. Memiliki Visi untuk Masa Depan

    Pemimpin yang luar biasa memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perusahaan dan membuat tujuan yang jelas dan konkret yang akan menguntungkan organisasi. Menjadi visioner berarti memahami bahwa perubahan terus-menerus terjadi di sekitar Anda. Berlatihlah untuk dapat beradaptasi dan gesit ketika Anda menerapkan strategi baru dan memungkinkan bisnis Anda berkembang seiring waktu.

  3. Mengelola Kompleksitas

    Pemimpin harus menjadi pemecah masalah dan mengambil keputusan dalam situasi yang berubah dengan cepat. Belajar untuk memimpin dalam lingkungan yang kompleks adalah keterampilan penting bagi setiap pemimpin.

  1. Membina Kreativitas dan Inovasi

    Para pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko dalam bereksperimen dan mendorong kreativitas. Hal ini akan mendorong inovasi yang mengarahkan organisasi ke tujuan baru dan dapat mengembangkan organisasi.

  1. Membangun Tim dan Mempromosikan Kerja Tim

    Tim dan kerja sama tim yang kuat adalah kunci untuk mencapai banyak hal, seperti mengembangkan inovasi, komunikasi yang efektif, dan mencapai tujuan organisasi Anda. Jika Anda merekrut dan mengembangkan tim yang tepat, maka Anda akan menciptakan kekuatan yang akan mendorong kesuksesan organisasi Anda.

  1. Menciptakan Hubungan yang Tahan Lama

    Para pemimpin terkemuka memahami bahwa mereka harus efektif dalam membangun koneksi, tidak hanya untuk memajukan karier mereka sendiri, tetapi juga untuk kepentingan organisasi. Dengan menciptakan koneksi yang luas dan beragam, para pemimpin dapat membangun hubungan yang berdampak pada pelanggan, klien, mitra, dan bahkan pesaing.

  1. Agility

    Sebaiknya pemimpin memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan yang tiba-tiba berubah serta mengetahui bagaimana dan kapan memanfaatkan peluang. Memiliki rasa ingin tahu yang besar akan memicu keinginan untuk terus belajar dan tumbuh. Agility bergantung pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, menerima ketidakpastian, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, serta keinginan dan tekad untuk maju.

 

Referensi:
https://www.forbes.com/sites/glennllopis/2013/02/18/the-most-successful-leaders-do-15-things-automatically-every-day/#507c03769d7d
https://www.forbes.com/sites/deeppatel/2017/03/22/11-powerful-traits-of-successful-leaders/#3baef2e469fc
https://www.thebalancecareers.com/tips-for-success-as-a-team-leader-1919252