JENIS-JENIS KEPUTUSAN MANAJERIAL

RAHASIA PEMECAHAN MASALAH YANG LEBIH INOVATIF
Juli 13, 2020
CYNEFIN FRAMEWORK SEBAGAI ALAT PEMBUATAN KEPUTUSAN
Juli 20, 2020

Keputusan yang harus diambil seorang manajer meliputi penetapan tujuan atau sasaran perusahaan yang bersifat jangka panjang dan juga keputusan kegiatan operasional sehari-hari. Berdasarkan sudut pandang tersebut, keputusan manajerial dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu keputusan strategis, taktis dan operasional. Menerapkan strategi pengambilan keputusan yang melibatkan keputusan strategis, taktis, dan operasional akan meningkatkan keseluruhan kinerja bisnis Anda. Anda akan melihat peningkatan dalam kualitas pekerjaan karyawan, layanan konsumen, profitabilitas, dan seterusnya. Peningkatan faktor-faktor tersebut merupakan kunci meraih kesuksesan suatu bisnis.

Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi yang melibatkan keputusan strategis, taktis, dan operasional untuk mencapai kesuksesan perusahaan? Anda harus mulai memahami tiga keputusan tersebut:

  1. Keputusan Strategis

    Keputusan strategis berkaitan dengan gambaran besar bisnis Anda.  Keputusan tersebut juga lebih fokus ke lingkungan eksternal perusahaan dan biasanya berorientasi ke masa depan. Orientasi tersebut memberikan arahan ke mana bisnis Anda harus melangkah maju.

    Keputusan strategis meliputi:

    • Bisnis apa yang sedang Anda jalani?
    • Apa visi Anda dalam bisnis ini?
    • Apa identitas bisnis Anda?
    • Apa yang Anda perjuangkan?
    • Ke mana arah bisnis Anda akan melaju?
    • Bagaimana bisnis Anda dapat bersaing?
  1. Keputusan Operasional

    Jika Anda membuat keputusan yang melibatkan proses atau prosedur seperti menentukan bagaimana kegiatan operasional perusahaan dilakukan dengan sumber daya yang tersedia, maka hal itu adalah keputusan operasional. Keputusan operasional yang diambil memastikan bahwa suatu pekerjaan akan dilakukan secara terstruktur dan sistematis.

    Keputusan operasional meliputi:

    • Bagaimana perusahaan Anda menggunakan uangnya bulan ini?
    • Bagaimana perusahaan Anda melayani pelanggan?
    • Bagaimana prosedur perusahaan Anda dalam mengirimkan pesanan?
    • Bagaimana sistem quality control dilaksanakan?
  1. Keputusan Taktis

    Keputusan taktis meliputi instruksi kerja yang diterapkan berdasarkan proses atau prosedur perusahaan. Instruksi kerja tersebut menjelaskan bagaimana suatu pekerjaan dilaksanakan, siapa yang harus melakukan hal apa, kapan harus dilakukan, dan bagaimana caranya.

 

Referensi
Chand, S. (n.d.). Retrieved from https://www.yourarticlelibrary.com/information-technology/decisions-making-strategic-tactical-and-operational-decisions-business-management/10271
Tips on strategic, tactical, and operational decision making. (2013). Retrieved from https://www.smallbusinesshq.com.au/factsheet/20305-tips-on-strategic-tactical-and-operational-decision-making.htm