INSPIRASI BUDAYA DARI PERUSAHAAN GOOGLE

MENUMBUHKAN BUDAYA INTEGRITAS DALAM PERUSAHAAN
November 14, 2019
CARA MEMERIKSA REFERENSI PELAMAR DENGAN MAKSIMAL
November 21, 2019

Budaya perusahaan kelas dunia telah menjadi bagian penting perusahaan Google selama bertahun-tahun. Bahkan, Google mendapatkan 12 penghargaan dari Comparably pada tahun 2018, termasuk Best Company Culture, Best CEO, dan Best Company Happiness. Google juga merupakan perusahaan peringkat teratas yang konsisten dalam daftar Fortune untuk kategori Best Companies to Work dan terlihat di daftar Best Places to Work Glassdoor setiap tahun.

Lalu, apa yang menjadikan Google sebagai perusahaan yang memiliki budaya terbaik? Berikut beberapa inspirasi budaya di dalam perusahaan Google:

  1. No distraction

    Google menawarkan pusat kebugaran, makanan gratis, potong rambut gratis, mencuci mobil gratis, dry cleaning gratis, dan bahkan perawatan kesehatan di tempat kerja bagi para karyawannya. Ini merupakan gagasan yang luar biasa. Tanpa harus ke luar kantor atau mengambil waktu luang untuk mengurus pekerjaan di rumah, karyawan Google dapat menyelesaikannya dan tetap mengerjakan tugas kantornya. Pesan Google adalah we’ll take care of you while you take care of work.

  1. Built by big data

    Ketika Google membangun kantor, mereka tidak membangun kantor yang biasa. Data kualitatif dan kuantitatif dimasukkan ke dalam seluruh alur kerja. Perusahaan memiliki People Analytics untuk memastikan semuanya beroperasi dengan lancar.

  1. Weekly all-hands meetings on Monday

    Beberapa perusahaan menyajikan bir atau wine untuk menyambut pekerja magang baru hingga CEO dengan tujuan untuk berbagi ide-ide baru. Google sangat menyukai gagasan itu sehingga mereka memindahkan semua pertemuan pada hari Senin pukul 10.30 pagi sebagai cara untuk memotivasi tim selama seminggu ke depan.

  1. Ultimate workplace flexibility

    Baru-baru ini, Google memiliki 20% rule yang terkenal. Ini memungkinkan karyawan Google mengambil satu hari dalam seminggu untuk fokus dengan pekerjaan pribadi. Google memberdayakan karyawannya untuk mempelajari lebih lanjut tentang departemen lain. Banyak karyawan mengatakan lebih mudah di Google daripada perusahaan lain untuk pindah ke proyek atau departemen lain. Sangat besar manfaatnya karena mengurangi kelelahan dan memastikan karyawan terstimulasi secara mental.

  1. Work how you want

    Tidak semua orang bekerja dengan baik di atas meja. Google mengetahui hal ini sehingga mengizinkan karyawan untuk bekerja pada tempat yang mereka sukai. Baik itu di beanbag chair, kafe, atau pun di ayunan.

  1. A warm greeting on day 1

    Laszlo Bock, VP Senior People Operations di Google, mengatakan biasanya seorang manajer akan menyapa anggota baru seperti, “Hi, nice to meet you. You’re on my team, we’re going to be working together.” Sapaan sederhana seperti ini saja dapat meningkatkan produktivitas sebanyak 15% dalam 9 bulan pertama.

  1. Pups welcome

    Google telah menuliskan pada seluruh bagian perusahaan mengenai ramah anjing. Karyawan di Google terdorong untuk membawa anjing mereka ke tempat kerja sebagai cara untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja.

  1. Benefits after life

    Benefits Google yang luar biasa murah hati tidak berhenti setelah karyawannya meninggal dunia. Saat ada karyawan Google yang meninggal, pasangan mereka menerima setengah dari gaji karyawan tersebut selama 10 tahun dan ditambah $ 1.000 per bulan jika mereka memiliki anak.

  1. Financial support

    Tidak semua orang memiliki pegangan pada keuangan mereka, bahkan mereka yang menghasilkan uang di Google. Itulah sebabnya Google memiliki penasihat dan perencana keuangan di perusahaan, yang memungkinkan para karyawannya mendapatkan bantuan mengenai pajak dan kebutuhan pribadi lainnya.

  1. Google gives back

    Google mendukung penuh karyawannya untuk memberikan amal kepada komunitas di luar perusahaan. Itulah dunia yang dinikmati karyawan Google saat ini.

Referensi:
https://peakon.com/blog/workplace-culture/google-company-culture/
https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2018/02/08/13-reasons-google-deserves-its-best-company-culture-award/#79c6e0df3482
https://www.entrepreneur.com/article/317582
https://www.huffpost.com/entry/10-things-to-know-about-googles-awesome-culture_b_59088802e4b03b105b44bbfd