INILAH 8 PERTANYAAN UNTUK MEMBANTU ANDA MENGEKSEKUSI STRATEGI YANG EFEKTIF

3 KEAHLIAN UTAMA YANG WAJIB ANDA MILIKI SEBAGAI PEMIMPIN BERANI
Juni 4, 2018
TAK HANYA BUTUH MANAJER, KARYAWAN MILENIAL JUGA BUTUH MENTOR
Juni 18, 2018

Semua orang pasti ingin mencapai keberhasilan terhadap rencana strategis yang telah dilaksanakan, namun tidak semua orang dapat mencapai hal tersebut. Mungkin Anda memiliki strategi yang lebih baik dibandingkan dengan para kompetitor, akan tetapi misi Anda tidak akan terwujud tanpa adanya eksekusi yang tepat. Perencanaan strategis dapat tercapai dengan cara membangun budaya organisasi yang berdasarkan pada komunikasi efektif. Merekrut orang-orang terbaik yang mau berkembang dalam tim Anda juga merupakan senjata untuk keberhasilan perencanaan strategis.

Pemimpin memiliki kendali terhadap eksekusi perencanaan strategis untuk menyelaraskan komunikasi dalam organisasi. Tanpa memberikan pengembangan kepemimpinan yang tepat, maka tim Anda tidak akan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal. Sebagai seorang pemimpin, Anda memiliki peran untuk mengidentifikasi kesenjangan yang terjadi pada anggota tim. Selain itu, memberikan pelatihan juga sangat diperlukan untuk mengembangkan kepemimpinan organisasi dalam mewujudkan keberhasilan perencanaan strategis.

Agar perencanaan strategis organisasi Anda berhasil diterapkan, perlu adanya akuntabilitas. Untuk membantu Anda melalui proses ini, berikut adalah daftar pertanyaan yang harus Anda tanyakan terhadap diri Anda untuk memastikan kesuksesan perencanaan strategis tersebut:

  1. Apakah tim yang Anda pimpin benar-benar sejalan dengan visi organisasi Anda?
  2. Sudahkah Anda memastikan bahwa tim Anda memiliki pemahaman tentang perencanaan strategis dan apakah mereka selaras dengan lingkungan sekitar?
  3. Apakah tim di dalam organisasi Anda memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam mencapai perencanaan strategis?
  4. Apakah Anda memiliki rencana untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan akuntabilitas tim Anda?
  5. Apakah Anda memiliki perencanaan komunikasi strategis dalam menetapkan ritme komunikasi yang menegakkan tujuan, sasaran, dan strategi Anda?
  6. Apakah budaya yang Anda miliki dapat membangun perilaku yang benar dan menjadi landasan untuk mencapai hasil?
  7. Apakah tim yang Anda pimpin memiliki nilai, keterampilan, dan kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap organisasi serta individu mereka?
  8. Apakah Anda memiliki infrastruktur manajemen program dan pendekatan manajemen proyek yang efektif?

Ketika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas telah sesuai dengan realitas yang terjadi dalam organisasi Anda, kemungkinan keberhasilan perencanaan strategis akan semakin dekat untuk terealisasi. Mari bangun perencanaan strategi yang efektif untuk terwujudnya tujuan organisasi.