GAMIFICATION UNTUK MENINGKATKAN BISNIS

OKR UNTUK MENGUKUR KINERJA
November 19, 2018
KETERAMPILAN YANG WAJIB DIMILIKI UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0
November 26, 2018

Dunia kerja telah banyak berubah dalam beberapa dekade terakhir. Banyak perusahaan di seluruh dunia telah beralih ke gamification yang menggunakan mekanisme permainan seperti lencana, level, dan papan peringkat untuk melibatkan karyawan, meningkatkan produktivitas, dan mendorong kesuksesan bisnis. Gamification adalah alat bisnis yang mewakili arah baru untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan untuk perusahaan Anda, dan merupakan sebuah proses untuk mengintegrasikan mekanik permainan untuk memotivasi partisipasi, keterlibatan dan kesetiaan.

Gamification memperkenalkan elemen desain game ke dalam aplikasi non-game untuk membuatnya lebih menyenangkan dan menarik. Ini menggunakan kompetisi, poin, pencapaian, aturan main, status dan ekspresi diri untuk mendorong tindakan melalui umpan balik positif. Gamification memberikan hasil yang terukur dan nyata, yang dapat diukur dengan alat analisis yang disediakan sebagian besar vendor, contohnya Bunchball.

Berikut beberapa manfaat gamification untuk meningkatkan bisnis:

  • Cocok bagi angkatan kerja millenial

    Perusahaan global melihat peningkatan tenaga kerja milenial dan profil pelajar ini berhubungan baik dengan gamification untuk pelatihan perusahaan

  • Dampak pada bottom-line

    Dengan semua manfaat dan faktor yang berkontribusi pada pengalaman pembelajar yang lebih baik, gamification untuk pelatihan perusahaan membantu dalam peningkatan kinerja yang signifikan untuk organisasi dan bisnis mereka.

  • Dapat diterapkan untuk sebagian besar kebutuhan belajar

    Gamification dapat digunakan untuk sebagian besar kebutuhan belajar – induksi dan onboarding, penjualan produk, dukungan pelanggan, soft skill, penciptaan kesadaran dan kepatuhan.

  • Lingkungan pembelajaran yang lebih baik

    Gamification membantu memperkuat pembelajaran ketika karyawan dapat menangani kehidupan nyata seperti situasi dalam lingkungan belajar yang aman dan terkontrol.

  • Umpan balik instan

    Gamification memberikan umpan balik instan yang memberi tahu karyawan apakah keputusan yang mereka buat benar atau tidak mengarah pada keterlibatan dan retensi yang lebih besar.

  • Mendorong perubahan perilaku

    Ketika digunakan secara bijak bersama dengan prinsip-prinsip ilmiah dan pengulangan yang terpisah, gamification dapat membawa perubahan perilaku yang diinginkan secara efektif.

Namun, ada juga sisi negatifnya jika tidak dikelola dengan baik. Gamification menciptakan ekspektasi tingkat tinggi, yang dapat bertanggung jawab atas serangkaian insentif yang salah. Selain itu, gamification harus melengkapi sistem lain yang Anda miliki dan tidak menggantikannya. Dan yang tak kalah pentingnya, motivasi harus lebih dari uang. Hal ini terutama berlaku untuk generasi millennial, yang memiliki motivasi yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Agar solusi gamification menjadi sukses, gamification harus dirancang dengan baik, dijalankan dan dipelihara. Metode harus bervariasi, dan informasi yang diberikannya harus digunakan untuk meningkatkan tidak hanya bisnis Anda, tetapi aplikasi itu sendiri. Gamification telah terbukti menjadi alat yang menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan tingkat keterlibatan karyawan dan pelanggan yang penting bagi kemajuan bisnis.

Referensi:
https://smallbiztrends.com/2017/07/what-is-gamification.html

How to Align Gamification with Business Objectives


https://www.gameffective.com/gamification-in-business/