PERAN KEY PLAYER EKOSISTEM STARTUP

MEMBANGUN BISNIS STARTUP DI INDONESIA
May 12, 2020
SEMBILAN INDIKATOR EKOSISTEM STARTUP YANG BAIK
May 12, 2020

Ekosistem startup adalah masyarakat yang terdiri dari entrepreneur, mentor, investor, inkubator, perguruan tinggi, korporasi, associations/events, pemerintah, dan service provider. Masing-masing key player tersebut saling terhubung, berinteraksi, dan saling membantu untuk memperkuat ekosistem sambil meningkatkan nilainya sendiri.

Beberapa kota di dunia dengan ekosistem startup yang baik adalah Silicon Valley (USA), New York City (USA), London (ENG), serta Paris (FRA). Sedangkan di Indonesia sendiri, menurut Global Startup Ecosystem Report (GSER) bulan Mei 2019 menyebutkan Jakarta menduduki peringkat ke-33 dunia sebagai kota dengan ekosistem startup potensial.

Apa peran masing-masing key player dalam ekosistem startup?

  1. Entrepreneur

    Entrepreneur adalah pemeran utama di ekosistem startup karena mereka yang menjalankan bisnis dan paling membutuhkan bantuan dari semua key player lain. Tugas dari entrepreneur adalah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan bisnis untuk memastikan bisnis berjalan dengan baik serta melakukan inovasi agar bisnis dapat bertahan dan berkembang.

  1. Mentor

    Mentor adalah seseorang dengan pengalaman atau pengetahuan yang lebih banyak dan bersedia membantu para entrepreneur untuk mengembangkan bisnis. Para Entrepreneur sering kali memiliki ide bisnis potensial namun tidak mudah untuk diaktualisasikan, disini peran mentor diperlukan untuk membimbing para entrepreneur agar tidak mengambil keputusan bisnis yang salah dan menyusun strategi agar ide tersebut terealisasi.

  1. Investor

    Investor berperan sebagai penyuplai dana untuk entrepreneur agar dapat membiayai kebutuhan bisnis yang dijalankan. Dana yang disuplai oleh investor kemudian digunakan oleh entrepreneur untuk membiayai operasional perusahaan, pengadaan mesin, maupun mengembangkan bisnis.

  1. Inkubator

    Inkubator berperan sebagai fasilitator program untuk mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui pembinaan dan akses permodalan dengan tujuan menjadikan bisnis tersebut profitable, sustainable, dan memiliki pengelolaan organisasi serta keuangan yang benar.

  1. Perguruan tinggi

    Perguruan tinggi berperan sebagai tempat pembelajaran para entrepreneur dalam mengasah entrepreneurship skills yang dimiliki serta menjadi pusat penelitian untuk menghasilkan ide bisnis baru yang potensial untuk dipasarkan. Di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 49 Inkubator Bisnis Tekonologi (IBT) yang tersebar di perguruan tinggi seluruh Indonesia.

  1. Korporasi

    Korporasi membantu perkembangan ekosistem startup dengan berbagai cara, mereka adalah calon konsumen potensial untuk bisnis startup dan tidak jarang menjadi pintu keluar bagi bisnis startup yang sudah berkembang dengan join ke korporasi tersebut. Korporasi juga dapat berperan sebagai investor yang menanamkan modal pada bisnis startup agar bisnis tersebut dapat berkembang.

  1. Associations/events

    Ada banyak asosiasi dan event yang dapat membantu berkembangnya ekosistem startup seperti komunitas entrepreneur yang berperan memfasilitasi pertemuan entrepreneur dengan calon bisnis partner potensial serta event seperti kompetisi bisnis yang mempertemukan entrepreneur dengan investor.

  1. Pemerintah

    Pemerintah berperan sebagai pembuat kebijakan yang mengakomodasi semua kepentingan key player secara adil. Di Indonesia sendiri sudah ada bukti nyata dukungan pemerintah untuk mengembangkan ekosistem startup melalui pembentukan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) yang bertugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, dan mengoordinasikan kebijakan ekonomi kreatif di berbagai bidang.

  1. Penyedia jasa

    Pengacara, akuntan, banker, rekruter, dan konsultan adalah beberapa penyedia jasa yang berperan penting di ekosistem startup, semakin banyak pengalaman penyedia jasa di bisnis startup akan semakin baik kualitas jasa yang diberikan.

 

Referensi:
https://id.techinasia.com/ekosistem-startup-di-indonesia
https://money.kompas.com/read/2019/08/11/125304826/jakarta-masuk-kota-potensial-dalam-ekosistem-startup-global
https://ekonomi.bisnis.com/read/20180607/9/804049/opini-unicorn-baru-penguatan-ekosistem-startup
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190809064856-185-419733/jakarta-duduki-peringkat-33-kota-ekosistem-startup-potensial
https://www.dealsunny.com/blog/entrepreneurship-infographic
https://dailysocial.id/post/peran-aktif-pemerintah-indonesia-dukung-industri-startup-dan-ekonomi-digital
https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2018/12/03/untuk-hasilkan-start-up-perguruan-tinggi-akan-diwajibkan-miliki-inkubator-bisnis-teknologi/
https://jakarta.block71.co/inkubator-startup
https://www.liputan6.com/tekno/read/2475590/peran-penting-angel-investor-di-bisnis-startup-indonesia