MENYELARASKAN SASARAN PRIBADI ANDA DENGAN SASARAN ORGANISASI

4 TANDA ORGANISASI ANDA TIDAK SELARAS
October 22, 2020
PENDEKATAN PENYELARASAN STRATEGI ORGANISASI
October 29, 2020

Sebagai seorang karyawan dalam perusahaan, sering kali Anda mengalami yang namanya ketidakselarasan antara sasaran pribadi dan sasaran organisasi. Tidak ada pencapaian signifikan yang dapat dihasilkan jika ketidakselarasan sasaran ini terus terjadi. Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menyelaraskan sasaran pribadi Anda dengan sasaran perusahaan:

  1. Harus memahami sasaran perusahaan

    Semua bisnis perlu suatu daftar sasaran perusahaan yang telah diartikulasikan dengan jelas untuk membantu semua anggota organisasi dalam membuat sasaran pribadi mereka. Semua sasaran pribadi yang telah dibuat harus menuju kepada sasaran perusahaan yang telah ditentukan. Sasaran tersebut juga harus dapat dipantau pencapaiannya.

  1. Selaraskan sasaran Anda dengan atasan atau pimpinan departemen

    Terdapat dua skenario di mana Anda akhirnya menyadari bahwa sasaran Anda tidak mendukung sasaran perusahaan Anda:

    Pertama, apa yang Anda lakukan mungkin penting bagi perusahaan tersebut, tetapi untuk alasan apa pun hasil pekerjaan Anda tidak terdaftar sebagai sasaran perusahaan. Dalam kasus ini, Anda perlu berdiskusi dengan atasan untuk memastikan bahwa sasaran pribadi Anda terdaftar dalam sasaran perusahaan. Jika atasan mengabaikan hasil pekerjaan Anda, maka Anda perlu menyuarakan masalah tersebut.

    Kedua, kemungkinan berikutnya adalah sasaran Anda bukanlah prioritas perusahaan. Jika itu terjadi, Anda perlu mengajukan pertanyaan terkait bagaimana waktu Anda digunakan kepada atasan: Apakah proyek pekerjaan yang diberikan cukup penting? Bagaimana proyek tersebut berkaitan dengan sasaran perusahaan? Apakah ada sesuatu yang bisa Anda lakukan agar lebih selaras dengan sasaran perusahaan?

    Jika Anda menemukan bahwa sasaran pribadi Anda bukanlah merupakan prioritas perusahaan, Anda perlu untuk berdiskusi dengan atasan untuk mencari tahu pekerjaan apa yang harus dilakukan agar menuju pada jalur yang tepat.

  1. Bersikap terbuka dengan perubahan ketika sasaran Anda tidak lagi selaras dengan sasaran perusahaan

    Meskipun cukup sulit untuk menghadapi kegagalan pencapaian karena ketidakselarasan sasaran Anda dengan perusahaan, Anda harus tetap bersikap terbuka terhadap perubahan sasaran. Perubahan ini bukan merupakan sebuah kelemahan Anda, melainkan pembelajaran dari kesalahan dan siap melakukan inisiatif baru.

 

Reference:
Zak, H. (2019, June 12). How to Align Your Personal Goals With Organizational Goals and Excel at Work. Retrieved from https://www.inc.com/heidi-zak/how-to-align-your-personal-goals-with-organizational-goals-excel-at-work.html