MANFAAT BUDAYA PERUSAHAAN YANG KUAT

PROSES REPHRASE DALAM MEMBANGUN BUDAYA PERUSAHAAN
May 12, 2020
IKIGAI: RAHASIA JEPANG UNTUK KEHIDUPAN YANG PANJANG DAN BAHAGIA
May 12, 2020

Berdasarkan data penelitian oleh Deloitte, 94% eksekutif dan 88% karyawan percaya budaya perusahaan sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Survei Deloitte juga menemukan bahwa ada korelasi kuat antara karyawan yang mengaku merasa bahagia dan dihargai di tempat kerja, dengan mereka yang mengatakan perusahaan mereka memiliki budaya yang kuat.

Ada alasan mengapa perusahaan-perusahaan yang dinobatkan sebagai ‘perusahaan yang terbaik’ menjadi sangat sukses. Organisasi-organisasi ini cenderung memiliki budaya perusahaan yang kuat dan positif yang membantu karyawan merasakan dan melakukan yang terbaik di tempat kerja.

Mengapa budaya perusahaan merupakan bagian penting dari bisnis? Berikut beberapa manfaat dari budaya perusahaan yang kuat:

  • Recruitment

    Budaya positif memberi organisasi keunggulan kompetitif. Orang ingin bekerja untuk perusahaan dengan reputasi baik dari karyawan sebelumnya dan saat ini. Perusahaan dengan budaya positif akan menarik calon karyawan yang berbakat dan bersedia menjadikan tempat kerja mereka berikutnya sebagai rumah, bukan sekadar batu loncatan.

  • Loyalitas karyawan

    Budaya positif tidak hanya akan membantu upaya rekrutmen, namun juga akan membantu mempertahankan talenta terbaik. Budaya positif menumbuhkan rasa loyalitas karyawan. Karyawan jauh lebih mungkin untuk tinggal dengan atasan mereka saat ini ketika mereka merasa diperlakukan dengan benar dan menikmati bekerja setiap hari.

  • Kepuasan kerja

    Tidak mengherankan bahwa kepuasan kerja lebih tinggi di perusahaan dengan budaya perusahaan yang positif. Pengusaha yang berinvestasi dalam kesejahteraan karyawan mereka akan dihargai dengan karyawan yang bahagia dan berdedikasi.

  • Kolaborasi

    Karyawan jauh lebih mungkin untuk berkumpul bersama sebagai sebuah tim di perusahaan dengan budaya yang kuat. Budaya positif memfasilitasi interaksi sosial, kerja tim, dan komunikasi terbuka. Kolaborasi ini dapat menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa.

  • Performa kerja

    Budaya perusahaan yang kuat telah dikaitkan dengan tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Ini karena karyawan cenderung lebih termotivasi dan berdedikasi untuk atasan yang berinvestasi dalam kesejahteraan dan kebahagiaan mereka.

  • Moral karyawan

    Mempertahankan budaya perusahaan yang positif adalah cara yang dijamin untuk meningkatkan moral karyawan. Karyawan secara alami akan merasa lebih bahagia dan lebih menikmati pekerjaan mereka ketika mereka bekerja di lingkungan yang positif.

  • Kurangnya stres kerja

    Budaya perusahaan yang positif akan membantu mengurangi stres di tempat kerja secara signifikan. Perusahaan dengan budaya perusahaan yang kuat cenderung membantu meningkatkan kesehatan karyawan dan kinerjanya.

Budaya perusahaan tumbuh dari akar yang terbentuk dari praktek sehari-hari, tradisi, kepercayaan, dan program yang ada di lingkungan kerja. Oleh karena itu, membangun perilaku yang positif sangat penting sebagai fondasi terbentuknya budaya yang kuat sehingga membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang.

 

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/alankohll/2018/08/14/how-to-build-a-positive-company-culture/#745ab36149b5
http://companyculture.com/141-the-benefits-of-a-good-organization-culture/
https://www.15five.com/blog/10-questions-to-create-a-workplace-culture/