FORMULA PENETAPAN DAN PENCAPAIAN TUJUAN PERSONAL

4 UNSUR DALAM MANAJEMEN PROYEK
May 11, 2020
MEMBANGUN KESUKSESAN BISNIS DENGAN MANAJEMEN STRATEGIS YANG EFEKTIF
May 11, 2020

Setiap individu memiliki tujuan dalam hidupnya serta formula untuk mencapai tujuan tersebut. Jika kita tidak efektif dalam menetapkan tujuan serta membuat perencanaan yang matang, maka tujuan tidak akan tercapai dengan maksimal. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk menemukan formula penetapan yang sederhana, tetapi mampu mencapai tujuan Anda dengan tepat? Berikut tujuh langkah yang dapat Anda tempuh untuk mewujudkan tujuan Anda menurut Bryan Tracy dalam buku “Master Your Time Master Your Life”:

  1. Tentukan persisnya apa tujuan Anda
    Buatlah perincian yang jelas dan sederhana atas tujuan Anda. Salah satu kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan orang-orang adalah beranggapan bahwa mereka telah memiliki tujuan, padahal sebenarnya yang mereka miliki merupakan mimpi, seperti “saya ingin bepergian” atau “saya ingin bahagia”. Keinginan-keinginan ini bukanlah tujuan Anda yang sebenarnya karena hal-hal tersebut tidak dapat dicapai dengan tolok ukur yang jelas dan Anda tidak mungkin fokus untuk mencapainya dalam kegiatan Anda setiap harinya.
  1. Tuliskan tujuan Anda
    Tuliskan tujuan Anda untuk mempertegasnya dengan tolok ukur yang jelas dan sistematis. Berikan pula peringkat dalam tujuan yang Anda tuliskan untuk membantu Anda melihat seberapa dekat Anda dengan tujuan yang yang Anda inginkan. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mencapai sesuatu yang tidak dapat Anda lihat. Dengan memiliki tujuan-tujuan beserta dengan ukuran keberhasilan diri Anda yang jelas, maka Anda pun akan bergerak maju dengan lebih efektif kepada tujuan tersebut dibandingkan mereka yang tidak memilikinya.
  1. Tetapkan tenggat waktu
    Pertimbangkan dan putuskan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai suatu tujuan. Apabila tujuan Anda berjangka panjang, maka buatlah tujuan Anda serinci mungkin untuk memudahkan Anda dalam melaksanakannya, seperti hal-hal yang akan dicapai dalam tahun pertama, tahun kedua, dsb. Pastikan juga bahwa Anda selalu disiplin dalam menyelesaikan aktivitas harian yang dapat mendukung terwujudnya tujuan Anda.
  1. Buat daftar tentang hal-hal untuk mencapai tujuan Anda
    Buatlah daftar mengenai segala sesuatu yang menurut Anda dapat mendukung terwujudnya tujuan tersebut, misalnya siapa saja orang yang perlu terlibat, apa saja ide-ide yang perlu dilaksanakan. Tuliskan segala hal yang perlu Anda lakukan hingga Anda tak bisa memikirkan hal lain.
  1. Aturlah daftar Anda menurut urutannya
    Setelah membuat daftar tersebut, tentukan urutannya mulai dari apa yang harus Anda lakukan pertama kali hingga langkah terakhir. Prioritaskan hal-hal penting yang harus Anda lakukan dalam daftar Anda karena 80% kesuksesan Anda akan ditentukan dari 20% hal-hal yang Anda kerjakan.
  1. Ambil tindakan atas rencana Anda
    Segera lakukan hal yang menjadi prioritas Anda. Jika Anda telah mengambil langkah pertama menuju tujuan Anda, maka selanjutnya Anda selalu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk melaksanakannya.
  1. Lakukan sesuatu yang dapat menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan Anda
    Ini merupakan langkah terpenting dari segala rencana Anda. Lakukan segala hal secara rutin dan jangan menunda pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai segala tujuan dan rencana Anda.

Pada akhirnya, segala tujuan yang direncanakan tidak akan tercapai tanpa adanya perencanaan untuk mencapainya dengan matang. Segala tujuan, baik jangka panjang maupun jangka pendek, memerlukan perincian target serta tenggat waktu yang tepat untuk merealisasikannya. Dengan melakukan tujuh langkah di atas, maka Anda dapat merealisasikan tujuan tersebut dengan lebih efisien dan efektif.