CARA BISNIS MENANGGULANGI POLITIK YANG TIDAK STABIL

ANALISIS ANCAMAN SUBSTITUSI
June 15, 2020
ANALISIS PESTEL SEBAGAI ALAT KESUKSESAN BISNIS
June 22, 2020

Ada banyak faktor lingkungan eksternal yang bisa memengaruhi bisnis Anda. Cukup umum untuk manajer memeriksa setiap faktor ini secara teliti. Tujuannya adalah untuk membuat keputusan yang lebih baik terhadap proses operasional perusahaan. Contoh faktor-faktor ini antara lain politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Salah satu faktor yang berpengaruh untuk memberi dampak kepada bisnis Anda adalah faktor politik karena ketentuan yang dibentuk oleh pemerintah dapat memengaruhi bisnis.

Lingkungan politik yang tidak stabil bisa memengaruhi bisnis perusahaan. Hal ini menambah risiko dan memicu kerugian yang besar bagi perusahaan Anda. Sebagai contoh, pemerintah mungkin menaikkan pajak untuk beberapa industri dan menurunkannya untuk yang lain. Keputusan itu akan berdampak langsung pada bisnis Anda karena kenaikan pajak akan meningkatkan biaya dan penurunan keuntungan bagi perusahaan Anda. Ketidakstabilan kondisi politik yang lain bahkan dapat menyebabkan kerusuhan, penjarahan, dan masalah-masalah lainnya. Ini tentu mengganggu operasional bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mengerti bahwa faktor ini memiliki dampak yang besar untuk mengubah strategi dan operasional perusahaan yang dimiliki. Perusahaan Anda harus siap kapan saja dengan kebijakan politik apapun yang dibuat oleh pemerintah.

Bagaimana cara mempersiapkan perusahaan Anda untuk mengatasi ketidakstabilan politik? Berikut penjelasannya:

  • Memeriksa kondisi politik negara

    Salah satu cara untuk mengukur situasi politik yang tidak stabil di suatu negara adalah dengan membayar konsultan yang ahli dalam melakukan pemeriksaan di bidang politik. Tindakan ini bisa dilakukan sebelum Anda membangun bisnis tersebut di negara operasional perusahaan Anda. Kemudian, konsultan tersebut akan memberikan Anda hasil apakah sebaiknya bisnis tersebut dibentuk di negara yang dituju atau tidak.

  • Negosiasi

    Bila negara Anda memiliki politik yang tidak stabil, risiko yang perlu diambil oleh bisnis tersebut akan menjadi sangat berat. Oleh karena itu, perusahaan bisa bernegosiasi tentang kompensasi di negara tempat perusahaan Anda beroperasi sehingga ada hukum yang bisa diatur ulang agar tidak mengganggu kegiatan operasional perusahaan tersebut.

  • Membeli asuransi perlindungan usaha dari risiko politik

    Ketika Anda menjalankan bisnis di negara yang dianggap berisiko, salah satu solusi terbaik adalah memberi asuransi perlindungan usaha dari risiko politik. Biasanya, perusahaan membeli asuransi tersebut agar bisa menjadi senjata mereka untuk mengkompensasi perusahaan dari dampak buruk yang terjadi karena politik di negara tempat Anda mengoperasikan bisnis.

 

Referensi:
Lamptey, M. C., Makos, J., Choden, P. C., Mohammed, & Naeimi, I. A. (2016, June 21). Political Factors Affecting Business. Retrieved from https://pestleanalysis.com/political-factors-affecting-business/
Phung, A. (2020, January 29). How to Minimize Political Risk as a Multinational Company. Retrieved from https://www.investopedia.com/ask/answers/06/politicalrisk.asp