CONTOH KPI UNTUK MENGUKUR KINERJA DEPARTEMEN KEUANGAN

10 PRINSIP KEPEMIMPINAN YANG BERDAMPAK
Desember 17, 2018
CONTOH KPI UNTUK MENGUKUR KINERJA DEPARTEMEN SDM
Desember 24, 2018

KPI (Key Performance Indicator) keuangan adalah nilai yang dapat diukur yang digunakan oleh departemen keuangan untuk melacak dan menentukan kemajuan mereka pada tujuan bisnis tertentu serta membantu menentukan seberapa baik kinerja departemen keuangan. Sebagian besar perusahaan membagi KPI keuangan mereka menjadi lima kategori: laba, pendapatan, pengeluaran, efisiensi, dan modal. Di bawah ini kami uraikan beberapa contoh KPI keuangan yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengukur setiap kategori.

 

Laba

Membantu Anda memahami seberapa baik kinerja bisnis Anda dalam hal profitabilitas. Ini dapat membantu Anda mengukur secara internal dan eksternal serta membantu Anda menetapkan target pertumbuhan dari waktu ke waktu.

  • Laba bersih (pendapatan dikurangi biaya).
  • EBITDA (Earnings Before Interest, Tax, Depreciation, and Amortization).
  • Return on Equity (ROE). Mengukur laba bersih Anda terhadap setiap unit ekuitas pemegang saham. Pengembalian rasio ekuitas tidak hanya memberikan ukuran profitabilitas organisasi Anda, tetapi juga efisiensinya.

 

Pendapatan

Anda perlu memiliki kebijakan dan formula untuk mengukur pendapatan dari manajemen, penjualan hingga keuangan, karena banyak orang mendapat kompensasi dari pendapatan. Bergantung pada lini bisnis Anda, ada berbagai metrik pendapatan untuk dipertimbangkan:

  • Penjualan bulanan, tahunan atau kuartalan.
  • Pendapatan bersih (pendapatan dikurangi produk retur atau produk yang rusak, tergantung pada apakah Anda akan melalui distributor atau pengecer).
  • Pendapatan per pelanggan. Berapa banyak pendapatan kotor yang Anda hasilkan per pelanggan berdasarkan apa yang mereka bayar dan berapa lama langganan biasanya berlangsung.

 

Biaya

Pastikan perusahaan Anda memiliki definisi biaya yang diterima secara internal. Ini sangat penting karena kerumitan kode pajak. Berbagai entitas perpajakan memberikan kebijakan dan insentif untuk mendorong depresiasi atau repatriasi uang, yang dapat mengubah rumus Anda untuk biaya.

  • Harga pokok penjualan (biaya langsung untuk membuat produk).
  • Overhead sebagai biaya. Berapa persen dari bisnis yang tidak terkait langsung dengan pendapatan? Ini sangat penting untuk melihat apakah organisasi nonprofit beroperasi secara efisien.
  • Uang tunai vs akrual.

 

Efisiensi

Saatnya untuk mulai mengukur efisiensi bisnis Anda dan mencoba mencari peluang untuk meningkatkan profitabilitas dan stabilitas secara keseluruhan.

  • Tingkat turnover Mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan penjualan dari asetnya dengan membandingkan penjualan bersih dengan total aset rata-rata.
  • Tingkat pertumbuhan pendapatan. Membantu memastikan bisnis Anda terus bertumbuh pada tingkat target yang diukur dengan persentase dalam bulanan atau tahunan.
  • Siklus konversi uang tunai. Mengukur waktu yang diperlukan untuk mengonversi investasi dalam inventaris menjadi uang tunai. Ini memberi Anda pemahaman tentang berapa lama uang tunai terikat dalam persediaan sebelum persediaan dijual dan uang tunai dikumpulkan dari pelanggan.

 

Modal

Dalam bisnis insentif modal seperti pabrik atau pusat data, ada tiga langkah penting yang mungkin ingin Anda lihat:

  • Tergantung pada bisnis Anda, KPI keuangan ini mungkin merupakan rasio hutang terhadap arus kas atau rasio hutang terhadap pendapatan.
  • Return on Invested Capital (ROIC). Ukuran ini melihat jenis pengembalian apa yang Anda dapatkan untuk berinvestasi di lini manufaktur baru, pusat distribusi, call center, dll. Anda harus dapat melacak pengurangan atau biaya lainnya (seperti waktu distribusi, jarak tempuh, waktu penahanan gudang) untuk menciptakan laba atas ukuran modal yang diinvestasikan.
  • Biaya modal. Ini adalah biaya pinjaman Anda dan ROIC Anda harus selalu lebih tinggi daripada biaya modal Anda.

 

Referensi:
https://www.clearpointstrategy.com/financial-kpis-selecting-right-metrics/amp/
https://www.executestrategy.net/blog/financial-kpis/