Cara untuk Menemukan Kandidat yang Sesuai dengan Budaya Perusahaan

Pentingnya Menerapkan Employee Experience di Perusahaan
April 4, 2019
Mendapatkan Pekerja yang Tepat dengan Metode Blind Hiring
April 11, 2019

Menemukan kandidat dengan kemampuan yang baik dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan adalah hal yang pasti ingin dicapai dalam setiap proses rekrutmen. Namun selain kemampuan, menemukan kandidat yang cocok dan dapat menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan agar mendapatkan kandidat yang bisa menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan:

  • Tentukan apa budaya dalam perusahaan Anda

    Budaya organisasi adalah pola keyakinan, nilai, dan cara penyelesaian masalah perusahaan yang telah dipelajari dan dikembangkan seiring dengan sejarah organisasi, yang dibagikan dan diajarkan kepada seluruh anggota organisasi secara implisit dan informal oleh sekelompok anggota organisasi tertentu (kelompok manajemen organisasi). Kenalkan budaya perusahaan Anda pada kandidat melalui situs web atau persyaratan dalam rekrutmen.

  • Ajukan pertanyaan yang tepat dalam wawancara

    Buatlah daftar pertanyaan wawancara yang dapat menilai kesesuaian kandidat dengan budaya perusahaan. Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan diantaranya:

    • Lingkungan kerja seperti apa yang ideal untuk Anda?
    • Ceritakan seperti apa atasan yang ideal menurut Anda.
    • Apakah Anda menyukai bekerja secara individu atau dalam tim?
    • Lingkungan kerja seperti apa yang membuat Anda tidak nyaman?
    • Apa saja hal yang Anda sukai dari pekerjaan Anda sebelumnya? dll.
  • Perhatikan bahasa tubuh, sikap, dan nada bicara Kandidat

    Selain mendengarkan jawabannya, perhatikan juga bahasa tubuh dan sikap kandidat. Bahasa tubuhnya saat bereaksi pada pertanyaan Anda menunjukkan apa yang disukai dan tidak disukainya, terutama ketika Anda membicarakan tentang budaya perusahaan Anda. Memperhatikan bahasa tubuh dan nada bicaranya juga bisa menunjukkan apakah jawaban yang diberikannya adalah jawaban terlatih atau jawaban jujur yang dipikirkannya saat itu juga.

  • Buat proses wawancara lebih nyaman dan kolaboratif

    Proses wawancara tidak harus dilakukan dalam keadaan formal di dalam ruangan atau kantor. Ajak kandidat untuk makan siang atau menikmati kopi sambil mengobrol santai dapat membantu Anda mengenal kandidat lebih dekat. Situasi yang informal memberikan suasana yang lebih santai dan rileks sehingga menjadikan perbincangan lebih terbuka.

  • Hindari diskriminasi

    Manusia memang cenderung untuk tertarik pada orang yang memiliki sifat yang mirip dengan mereka dan hal ini merupakan awal diskriminasi. Cara untuk menghindari diskriminasi adalah dengan menentukan dengan jelas apa budaya perusahaan Anda sehingga Anda tahu kandidat seperti apa yang diinginkan. Selain itu, siapkan daftar pertanyaan sebelum wawancara dan scorecard untuk menilai jawaban kandidat. Melakukan wawancara dalam tim juga merupakan salah satu cara untuk memastikan kandidat dipilih secara objektif.

Bagi perusahaan, kandidat yang sesuai dengan budaya perusahaan akan memberikan hal positif karena ia dapat memberikan performa kerjanya yang terbaik dan lebih mungkin untuk bertahan lama di perusahaan. Bagi kandidat tersebut, budaya perusahaan yang sesuai dengannya akan membantunya merasa nyaman dan betah dalam bekerja sehingga bisa bekerja dengan baik.

Referensi:

http://www.peoplefoundry.com/blog/6-ways-tell-candidate-good-culture-fit

https://www.forbes.com/sites/forbeshumanresourcescouncil/2018/09/28/what-it-means-to-hire-for-culture-fit-and-how-to-do-it-right/#72ab9fd97986