CARA PEMIMPIN MENGATASI KEPUTUSAN YANG BURUK

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG TEPAT
Juli 23, 2020
KESALAHAN UMUM DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN
Juli 30, 2020

Pembuatan keputusan yang sulit terkadang datang ketika kita melakukan suatu pekerjaan. Saat Anda melakukan pekerjaan, tidak jarang Anda mengalami situasi di mana Anda telah mengambil keputusan yang buruk, walaupun Anda dan tim telah bekerja keras mengumpulkan fakta dan melakukan analisis. Anda mungkin merasa kecewa karena telah gagal melakukan kewajiban Anda. Namun, sebagai seorang pemimpin, Anda diharapkan untuk mencari cara mengatasi masalah pengambilan keputusan tersebut.

Sebelum mulai mengatasi masalah, para pemimpin pada dasarnya diharapkan untuk tetap positif dan tidak fokus pada penyesalan, tetapi fokus memandang depan, yaitu mencari solusi. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu:

Komunikasi

Mengakui kesalahan adalah langkah pertama untuk menunjukkan kerentanan, kerendahan hati, dan membangun kepercayaan diri Anda dan para stakeholders. Tunjukkan juga kepedulian kepada mereka yang mengalami konsekuensi dari situasi yang terjadi. Berikan mereka kesempatan untuk menyuarakan kekhawatiran dan mengajukan pertanyaan.

Tanggung Jawab

Para pemimpin yang hebat akan bertanggung jawab sepenuhnya, meskipun bawahannya yang melakukan kesalahan. Hal ini menunjukkan bahwa pemimpin tersebut menghargai hubungan dengan bawahannya.

Dalam proses mencari tindakan untuk mengatasi masalah atas keputusan yang diambil sebagai tanggung jawab para pemimpin, ada beberapa yang bisa dilakukan:

  • Tentukan deadline

    Alokasikan waktu tertentu dan tentukan deadline untuk mengatasi masalah atas pengambilan keputusan tersebut. Lalu, informasikan deadline ini kepada tim Anda yang juga mengambil peran dalam mengatasi masalah tersebut.

  • Mencari sudut pandang berbeda

    Ciptakan lingkungan di mana umpan balik diharapkan dan dihargai. Ajukan lebih banyak pertanyaan mengenai solusi yang perlu diambil kepada tim Anda. Mendorong umpan balik  departemen lain seperti: SDM, pemasaran, penjualan, R&D, dan operasi akan membantu memberikan sudut pandang berbeda dalam mencari solusi. Anda mungkin dapat mempertimbangkan solusi yang mereka ajukan untuk menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

  • Bersikap transparan

    Pastikan Anda terlibat dengan proses pengerjaan proyek karyawan. Terlibat artinya Anda harus berusaha meningkatkan employee engagement dengan cara memotivasi mereka untuk selalu berkembang dan menghargai setiap pencapaian karyawan. Pada akhirnya, sifat-sifat positif yang terbentuk dalam suatu kelompok akan membantu pengambilan keputusan di masa depan.

 

Referensi
Badaracco. J., L. (2016). How to tackle your toughest decision. Retrieved from https://hbr.org/2016/09/how-to-tackle-your-toughest-decisions
How to bounce back after making a bad business decision. (n.d.). Retrieved from https://www.insperity.com/blog/how-to-bounce-back-after-making-a-bad-business-decision/
Streinbrecher, S. (n.d.). 4 ways successful leaders tackle difficult decision. Retrieved from https://www.inc.com/susan-steinbrecher/4-ways-successful-leaders-tackle-difficult-decisio.html