CARA CEO MEMILIH ORANG YANG TEPAT DALAM TIM KEPEMIMPINAN

TUGAS SEORANG CEO
Mei 7, 2020
BERTRANSFORMASI MENJADI CEO YANG LEBIH BAIK
Mei 14, 2020

Seorang pemimpin akan bertumbuh seiring dengan bertumbuhnya perusahaan. Tidak ada seorang pun yang sangat diperlukan untuk bertumbuh dan berubah, selain CEO. Pada tahap awal ketika perusahaan dibentuk, seorang CEO memiliki tugas untuk memahami pelanggan, membuat desain produk dan servis, dan menjual solusi kepada pasar. Akan tetapi, ketika perusahaan sudah memiliki daya tarik dan mulai bertumbuh, CEO perlu menggeser fokusnya pada pendesainan dan pembangunan budaya organisasi.

Hal terpenting dalam membentuk perusahaan adalah tim kepemimpinan di dalam organisasinya. Mengapa demikian? Karena tim tersebut adalah kelompok yang akan melebarkan dan mengelola semua bagian bisnis. Kemampuan berpikir secara strategis dan kemampuan tim tersebut untuk melaksanakannya akan menjadi kemudi utama perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

Keputusan terbesar yang akan dibuat oleh seorang CEO adalah memilih siapa saja yang akan menjadi anggota dalam tim kepemimpinan.  Oleh karena itu, berikut adalah cara seorang CEO mengetahui bagaimana memilih calon anggota tim kepemimpinan:

  • Seberapa baik Anda mengetahui diri Anda?
    Sebelum memilih anggota tim kepemimpinan, Anda perlu berpikir kembali tentang kekuatan, kelemahan, gaya, dan kebiasaan Anda. CEO yang baik akan menyadari kekurangan mereka sehingga mereka yakin bahwa tim yang dibentuk akan menutupi kekurangan yang tak tertangani oleh CEO tersebut.

 

  • Apa saja batasan pengetahuan dan kemampuan Anda?
    Ketika harus bekerja sama dengan tim kepemimpinan yang dibentuk oleh CEO, anggotanya biasanya berkata “Iya Boss”. Mereka sama sekali tidak memberikan tanggapan dalam diskusi dan hanya menantikan bantuan dan lari dari kritik atasannya. Oleh karena itu, CEO yang baik memiliki rasa percaya diri dan kerendahan hati untuk “bergaul” dengan orang yang lebih pintar dari CEO tersebut. Dengan demikian, para CEO mampu untuk memperluas kemampuan dan memperdalam pengalaman tim mereka.

 

  • Sejauh mana Anda ingin meningkatkan keragaman jenis kelamin, etnis, dan budaya?
    Tentunya Anda ingin memiliki tim yang memiliki kesetaraan terhadap segala jenis kelamin dan latar belakang yang bermacam-macam. Sebuah riset membuktikan bahwa tim yang memiliki keberagaman yang tinggi akan memberikan hasil pekerjaan yang lebih baik sebesar 35% dan tim dengan kesetaraan jenis kelamin mampu memberikan 15% lebih banyak hasil pekerjaaan mereka. Keberagamaan pada puncak manajemen perusahaan akan memicu keberagaman pula untuk semua anggota organisasi yang ada dalam perusahaan tersebut.

 

Referensi:
Eckfeldt, B. (2019, April 9). Choosing Your Leadership Team Is the Biggest Decision You’ll Make as CEO. Here’s How to Select the Right People. Retrieved from https://www.inc.com/bruce-eckfeldt/great-ceos-surround-themselves-with-best-leadership-team-heres-how-to-create-yours.html