BUSINESS ACUMEN DALAM SOSOK PEMIMPIN

PORTER’S FIVE FORCES:
5 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POSISI BISNIS ANDA
Februari 19, 2018
INTEGRITAS SEORANG PEMIMPIN
Maret 5, 2018

Dalam dunia bisnis yang kompleks ini, Business Acumen adalah kemampuan yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah organisasi atau seorang individu. Dikenal juga sebagai business sense, Business Acumen adalah kemampuan untuk memahami dan menghadapi berbagai situasi bisnis, segala risiko dan peluangnya, dengan tajam dan akurat untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Seorang pemimpin yang memiliki Business Acumen dikategorikan sebagai individu yang kompeten dan benar-benar memahami dunia bisnis sehingga memiliki visi serta misi yang relevan untuk membawa perkembangan bagi organisasi dan dirinya.

Dengan kata lain, seorang pemimpin dengan Business Acumen tidak hanya memahami produk dan lingkungan bisnisnya dengan baik, melainkan juga memiliki berbagai skill dan dan karakteristik penting lainnya. Berikut adalah serangkaian skill dan karakteristik yang menggambarkan seorang pemimpin dengan Business Acumen:

  1. Memiliki mindset seorang General Manager
    Karakteristik ini benar-benar memahami ekosistem bisnis secara luas serta mampu mengembangkan dan merealisasikan strategi yang dijalankan. Seorang pemimpin dengan pola pikir ini juga mengetahui dan selalu terhubung dengan informasi-informasi terbaru mengenai lingkup bisnisnya secara lokal dan global, serta mampu memprediksi dampak-dampak yang dapat terjadi pada bisnisnya. Selain itu, seorang pemimpin dengan karakteristik ini juga mampu berpikir secara taktis dan strategis.

 

  1. Financial Acumen
    Seorang pemimpin dengan karakteristik ini memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai keuangan organisasinya. Pemimpin dengan Financial Acumen memahami profitabilitas, arus kas, laporan keuangan, ukuran kinerja utama, implikasi keputusan pada penciptaan nilai organisasi, serta hal-hal lain yang dapat mendorong kemajuan organisasinya.

 

  1. Kemampuan untuk mendukung dan memimpin berjalannya strategic execution
    Karakteristik ini mencakup kemampuan untuk mengamati serta menganalisa lingkungan bisnis secara akurat guna menghasilkan strategi yang kompetitif. Selain itu, pemimpin dengan karakteristik ini juga mampu mengeksekusi strateginya secara efektif dengan mengasah internal organisasinya melalui leadership, feedback, coaching, utilizing influence, conflict management, dan talent management.

 

Kemampuan Business Acumen ini bisa didapatkan dan dikembangkan dengan mengikuti serangkaian pelatihan serta pengalaman kerja dari waktu ke waktu. Pada akhirnya, dengan mengaplikasikan Business Acumen dalam kepemimpinan, maka seorang pemimpin akan mampu meningkatkan potensi dirinya ke jenjang yang lebih tinggi lagi bagi dirinya sendiri serta organisasi dan SDM yang dipimpinnya.