BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) MATRIX

ANALISIS RANTAI NILAI PORTER
Agustus 13, 2020
VRIO FRAMEWORK
Agustus 20, 2020

Perusahaan mengevaluasi produk mereka secara rutin untuk mencari tahu produk mana yang menghasilkan laba atau kerugian dan produk mana yang membutuhkan pengembangan. Perusahaan perlu mengalokasikan sumber dayanya dengan benar agar mampu beroperasi lebih efisien dengan cara menerapkan BCG Matrix. BCG Matrix merupakan alat mengevaluasi efektivitas produk atau unit lainnya dan sering juga disebut model perencanaan portofolio yang dikategorikan menjadi 4, yaitu: Cash Cows, Stars, Question Marks, Dogs.

BCG Matrix diimplementasikan perusahaan karena membantu mengalokasikan sumber daya perusahaan agar mampu mengejar target market share. Dengan adanya alokasi sumber daya perusahaan yang efektif, mereka mampu mengambil keputusan strategis yang didasarkan pada posisi kompetitif dan peluang pasar.

Berikut adalah tahapan dalam mengimplementasikan BCG Matrix:

  1. Memilih produknya

    BCG Matrix bisa digunakan untuk analisis unit bisnis, memisahkan merek, produk, atau firma sebagai unit sendiri. Pilihan unitnya memengaruhi seluruh analisis.

  1. Menentukan pasarnya

    Penentuan pasar yang salah menyebabkan klasifikasi produk yang buruk. Contohnya, jika Anda berpikir bahwa Mercedes-Benz merupakan merek produk mobil rakyat pada umumnya, maka merek ini akan berakhir sebagai Dogs (karena produk ini hanya memiliki 20% market share), tetapi akan menjadi Cash Cow jika dikategorikan sebagai produk mobil mewah. Jadi, menentukan pasar secara akurat akan membantu menetapkan posisi portofolio.

  1. Menghitung relative market share (pangsa pasar relatif)

    Market share digunakan dalam matrix ini untuk membandingkan penjualan produk perusahaan yang dimiliki dengan pesaing terbesar yang menjual produk sama. Relative market share adalah penjualan produk tahun ini dibagi dengan penjualan produk pesaing tahun ini (penjualan ditentukan dalam bentuk jumlah pemasukan atau volume unit satuan produk).

  1. Menemukan laju pertumbuhan pasar

    Laju pertumbuhan industri dapat ditemukan melalui sumber online atau dihitung dengan laju pendapatan rata-rata perusahaan. Selain itu, laju pertumbuhan pasar diukur dalam bentuk persentase. Pasar dengan laju tumbuh tinggi dan total market share yang berkembang akan memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk mendapat pemasukan.

  1. Menggambar lingkaran pada matrix

    Setelah melakukan kalkulasi pada langkah sebelumnya, Anda perlu mengisi merek atau produk pada setiap kolom matrix. Sumbu X menunjukkan relative market share dan sumbu Y menunjukkan market growth rate atau laju pertumbuhan industri. Berikut adalah contoh kolom matrix yang sudah terisi:

 

Referensi:
Fripp, G. (2020, January 31). Benefits of the BCG matrix. Retrieved from https://www.marketingstudyguide.com/benefits-of-the-bcg-matrix/
Ananya Ananya Upadhyay An, & Ananya. (2019, October 14). What is a BCG Matrix? – Examples & How-To Guide. Retrieved from https://www.feedough.com/what-is-a-bcg-matrix-examples-how-to-guide/